• Home
  • Nasional
  • Berikut Penjelasan PBNU Soal Rayakan Harlah ke-95 dengan Pagelaran Wayang
Minggu, 08 April 2018 13:31:00

Berikut Penjelasan PBNU Soal Rayakan Harlah ke-95 dengan Pagelaran Wayang

liputan6.com/Yunizafira Putr
Harlah ke 95 Nahdlatul Ulama.

JAKARTA, Globalriau.com - Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (NU) merayakan ulang tahunnya ke-95 dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk. Ketua PBNU, Said Aqil Siradj, membeberkan alasan organisasinya memilih perayaan dengan pagelaran wayang. Salah satunya, karena menurut dia, wayang merupakan bentuk dakwah.

"Malam ini kita adakan wayangan untuk memperingati harlah NU yang ke-95 sesuai tahun hijriah. Wayang merupakan dakwah. Kita punya nilai-nilai yang telah dijalankan wali songo," ucap Said, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4).



Selain alat dakwah, apa yang dilakukan NU diungkapkan Said, sebagai cara untuk merawat budaya, karakter, dan kepribadian negara. "Namanya merawat NKRI, bukan geografi aja. Budaya menjadi kokoh, agama menjadi kuat. Itukan yg disebut islam nusantara," ungkapnya.

Said pun heran jika masih ada sejumlah kalangan yang tidak setuju terhadap NU karena merayakan ulang tahun lewat pertunjukan wayang. Padahal, kata Said, pagelaran itu dapat memperkuat budaya tanpa melunturkan sisi agama.

"Yang bertanya ngapain NU wayangan segala? Itu gagal paham itu tidak cerdas Alquran selalu menggunakan perumpamaan," katanya.

Selain para nahdliyin dan pengurus NU, sejumlah tokoh juga terlihat menghadiri harlah ke-95 NU ini, seperti menteri Susi Pudjiastusi dan Akbar Tandjung. Pagelaran wayang sendiri akan berlangsung hingga pagi hari dan terbuka untuk umum.

Sumber: Merdeka.com

Share
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Terindikasi Radikal, PBNU Minta Pemerintah Awasi 41 Masjid

    JAKARTA, Globalriau.com - Pengurus BesarNahdlatul Ulama (PBNU) menyesalkan temuan atau hasil survei Rumah Kebangsaan dan Dewan

  • 2 tahun lalu

    Bupati Suyatno Hadiri Pelantikan PCNU Rohil

    BAGANSIAPIAPI- Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp, hadiri pelantikan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Rokan Hilir

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.