• Home
  • Nasional
  • Lombok Berduka, Korban Tewas Akibat Gempa Mencapai 259 Jiwa
Kamis, 09 Agustus 2018 19:01:00

Lombok Berduka, Korban Tewas Akibat Gempa Mencapai 259 Jiwa

Kompas.
Gempa NTB.
NTB, Globalriau.com - Sebanyak 259 orang tewas akibat gempa berkekuatan 7,0 SR di NTB dan sekitarnya. Jumlah itu menurut data terakhir yang dicatat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) H+4 gempa yakni Kamis (9/8) pukul 17.00 Wib.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho merinci 259 korban tewas terdiri dari di Kabupaten Lombok Utara 212 orang, Lombok Barat 26 orang, Lombok Timur 11, Kota Mataram 6, Lombok Tengah2 orang dan Kota Denpasar 2 orang.
 
 
"Data tersebut masih akan terus bertambah mengingat Tim SAR masih menemukan korban di reruntuhan bangunan dan masih diidentifikasi, diduga korban masih berada di bawah reruntuhan bangunan yang belum dievakuasi," kata Sutopo dalam keterangannya.
 
Selain itu, masih ada laporan dari aparat daerah setempat adanya korban tewas di daerah sebelumnya dan sudah dimakamkan tetapi belum di data dan dilaporkan ke Posko sehingga data korban meninggal dunia akan bertambah.
 
Sutopo melanjutkan untuk korban luka berat berjumlah 1.033 orang dan masih dirawat inap di rumah sakit dan puskesmas. Pengungsi sebanyak 270.168 orang yang tersebar di banyak tempat.
 
"Jumlah pengungsi ini juga sementara karena belum semua pengungsi terdata baik. Kerusakan fisik meliputi 67.857 unit rumah rusak, 468 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 15 masjid rusak, 50 unit mushola rusak, dan 20 unit perkantoran rusak. Angka ini juga sementara," katanya.
 
"Sementara itu ribuan personil dikerahkan untuk penanganan dampak gempa. Untuk evakuasi dikerahkan 21 alat berat yang terdiri dari escavator, dozer, dump truk, loader, trailer, dan mobile crane. Alat berat akan terus ditambah dari wilayah sekitar dan pihak swasta." jelasnya.
 
Sumber: Merdeka.com
Share
Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Gempa Kembali Terjadi, Kali ini Guncang Bengkulu Selatan dengan 5,5 Skala Richter

    Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, gempa itu terletak pada koordinat 5,43 Lintang Selatan dan 102,3 Bujur Timur.
  • 4 bulan lalu

    Emak-emak di Agam Masak 1 Ton Rendang untuk Korban Gempa Lombok

    Daging yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Rendang tersebut berasal dari sumbangan warga Agam dan Bukittinggi saat Idul Adha. Pengumpulan daging tersebut digagas oleh PMI
  • 4 bulan lalu

    Peduli Gempa Lombok, PWI Riau Ikut Berpartisipasi

    PWI Pusat dalam acara silaturahmi PWI se-Indonesia menyampaikan duka atas musibah tersebut. Bahkan, jauh hari sebelum acara, PWI Pusat sudah meminta PWI provinsi turut berpartisipa
  • 4 bulan lalu

    Pasca Gempa, Penerbangan Rute Lombok Sudah Normal

    Dari jadwal yang ada pada hari ini, tercatat ada 13 rute penerbangan keberangkatan rute Bandara Soetta-Bandara internasional Lombok Praya dan 10 penerbangan yang tiba dari Lombok k
  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.