• Home
  • Nasional
  • Prediksi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BNPB Minta Warga Tidak Panik
Minggu, 06 Januari 2019 16:23:00

Prediksi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BNPB Minta Warga Tidak Panik

GLOBALRIAU.COM - Masyarakat diimbau tidak panik dengan prediksi potensi tsunami 57 meter di pantai selatan Jawa Barat dan Selat Sunda jika terjadi gempa megathrust 8,8 hingga 9 skala Richter. Prediksi itu hendaknya tidak disikapi secara berlebihan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Humas dan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitter @sutopo_pn.



" Hingga saat ini belum ada iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti, baik besaran gempa, lokasi, waktu secara pasti," cuit Sutopo, sikutip Dream pada Rabu 4 April 2018.

Sutopo menambahkan, dalam sejarah terbentuknya Kepulauan Indonesia, gempa dan tsunami pernah terjadi karena bergeraknya lempeng tektonik. " Wilayah Indonesia memang rawan gempa," lanjut dia.

Memang Benar

Ada prediksi potensi gempa megathrust di selatan Pulau Jawa dan Selat Sunda. Tsunami setinggi 57 meter di Pandeglang itu merupakan modeling tsunami dengan menggunakan skenario terburuk berdasarkan teori.

"Yang waktu kejadiannya tidak dapat diprediksi secara pasti," tulis Sutopo.

Sutopo menambahkan, potensi tsunami tidak hanya terjadi di selatan Jawa. Beberapa wilayah yang masuk zona subduksi Indonesia memiliki tingkat kerawanan serupa.

Untuk itu, Sutopo meminta pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan mitigasi bencana. "Sosialisasi, penataan ruang, mitigasi, gladi, pendidikan kebencanaan perlu ditingkatkan. Yang penting kita harus siap," kata dia.

Prediksi tsunami besar tersebut sebelumnya disampaikan oleh ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dalam prediksi itu disebut terdapat potensi megarhrust dengan kekuatan 8,8-9 sR yang bisa memicu tsunami 57 meter di selatan Jawa dan Selat Sunda.(dream)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Awal Tahun 2019, Aceh Berkali-kali Diguncang Gempa

    Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 09.53 WIB. Gempa berada di 202 km barat laut Sabang. Titik koordinat gempa berada di 7,09 Lintang Utara dan 93,97 Bujur Timur (BT). Gempa berada
  • 6 bulan lalu

    Enam Kabupaten di Jabar Diguncang Gempa Tektonik

    Budi mengatakan, daerah di Jabar yang merasakan gempa tersebut di antaranya adalah Kabupaten Sumedang Kabupaten Sukabumi tepatnya di daerah Nyalindung, Kabupaten Bandung terasa nam
  • 6 bulan lalu

    NTT dan Mamasa Diguncang Gempa, Diprediksi Tak Berpotensi Tsunami

    Pusat gempa terjadi di Flores atau 66 kilometer arah barat laut Manggarai Barat, NTT pada kedalaman 10 kilometer. Adapun koordinat gempa berlokasi pada titik 8.10 Lintang Selatan d
  • 6 bulan lalu

    Penemuan Ikan Aneh ini Diyakini jadi Penanda Datangnya Tsunami

    Tetapi, bagi masyarakat di Pulau Mindanao, kemunculan ikan-ikan itu dianggap sebagai petanda datangnya gempa bumi. Sebab ikan itu dianggap sangat sensitif terhadap gerakan tektonik
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...