• Home
  • Nasional
  • Usai Jalani Pemeriksaan KPK, Wako Dumai Dijemput Mobil Putih
Selasa, 07 Agustus 2018 22:01:00

Usai Jalani Pemeriksaan KPK, Wako Dumai Dijemput Mobil Putih

Riaumandiri.co
Walikota Dumai usai jalani pemeriksaan KPK.
JAKARTA,Globalriau.com - Walikota Dumai, Zulkifli AS, mengaku tak tahu soal aliran duit kasus dugaan suap terkait usulan dana perimbangan daerah dalam RAPBN-P 2018. Dia pun tak menjelaskan ditanyai apa saja saat diperiksa oleh penyidik KPK.
 
"Saya tak tahu," kata Zulkifli saat keluar dari Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).
 
 
Zulkifli terus berjalan untuk menghindari pertanyaan soal pemeriksaannya. Dia kemudian pergi dengan mobil putih yang menjemputnya.
 
Dia diperiksa untuk tersangka Yaya Purnomo. Zulkifli hadir setelah sebelumnya sempat absen saat dipanggil KPK pada 25 Juli 2018.
 
KPK sendiri telah menetapkan 4 tersangka, yaitu mantan anggota Komisi XI DPR Amin Santono, Eka Kamaluddin (perantara), dan Yaya Purnomo (eks pejabat Kemenkeu) dan seorang kontraktor Ahmad Ghiast. Sumber dana untuk suap itu disebut berasal dari para kontraktor di Sumedang. 
 
Ahmad diduga sebagai koordinator sekaligus pengepul dana dari para kontraktor itu. Uang itu kemudian diduga diberikan sebagai suap kepada Amin. 
 
KPK turut menyita sejumlah aset saat melakukan operasi tangkap tangan. Aset tersebut antara lain emas seberat 1,9 kg hingga duit Rp 1,8 miliar, SGD 63 ribu, dan USD 12.500 dari apartemen Yaya. Mobil Rubicon milik Yaya juga disita KPK.
 
Selain itu dalam tahap penyidikan, KPK juga menggeledah rumah dinas anggota DPR dari Fraksi PAN, apartemen tenaga ahli fraksi PAN, dan rumah pengurus PPP. Dari penggeledahan itu, KPK menyita mobil Toyota Camry, duit Rp 1,4 miliar, hingga proposal usulan anggaran dari sejumlah daerah.
 
KPK juga sudah memeriksa Tenaga Ahli F-PAN DPR, Suherlan. Pemeriksaan dilakukan untuk menelusuri soal proposal usulan anggaran dari sejumlah pemerintah daerah yang disita KPK.
 
Sumber: Riaumandiri.co
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Enam Jabatan Baru di RSUD Dumai Diduga "Siluman"

    DUMAI, Globalriau.com - Buntut dari pelantikan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemko Dumai beberapa waktu lalu menuai be

  • 3 minggu lalu

    Jurnalis Peraih Reward AJP RU II Dumai ke Solo Resmi Dilepas

    DUMAI, Globalriau.com - Peraih reward Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) RU II Dumai 2018 ke Solo resmi dilepas oleh Manager

  • 2 minggu lalu

    Pertamina RU II Dumai Ajak Puluhan Wartawan Wisata Sejarah dan Budaya

    DUMAI, Globalriau.com - Lebih dari 20 orang awak media yang ada di Kota Dumai berkesempatan untuk menelusuri situs bersejarah s

  • 2 minggu lalu

    Asisten II Pemko Dumai Minta Polbeng Pererat Silaturrahim Instansi dan Industri

    DUMAI, Globalriau.com - Bertempat di salah satu hotel di kota Dumai, jajaran pimpinan Politeknik Negeri Bengkalis hadir dalam s

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.