google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • OPINI
  • Pentingnya Vaksinasi Demi Menyudahi Penularan Covid-19
Jumat, 16 Juli 2021 22:29:00

Pentingnya Vaksinasi Demi Menyudahi Penularan Covid-19

PANDEMI Covid-19 sudah berdampak besar pada seluruh aspek kehidupan manusia. Kondisi ini juga menyebabkan penurunan cakupan vaksinasi dan penurunan jumlah vaksin yang diberikan. Akibatnya, anak-anak kehilangan kesempatan untuk divaksinasi.

Padahal, bayi dan balita yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap bisa memicu wabah berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3-I) yang akan mengakibatkan sakit berat, cacat, atau meninggal.

Sejak tahun 2000, vaksinasi untuk mencegah penyakit menular telah menyelamatkan 37 juta jiwa di negara berpendapatan rendah dan menengah.

Berdasarkan rekomendasi WHO, vaksinasi dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan secara luas diakui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling sukses sekaligus hemat biaya.

Sayangnya, pandemi Covid 19 mengakibatkan risiko terganggunya kegiatan imunisasi rutin karena adanya pembatasan mobilitas yang berdampak pada sistem kesehatan dan penurunan pelaksanaan vaksinasi.

Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, ketua umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) menyebutkan, pengendalian penyakit menular melalui vaksinasi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan angka harapan hidup.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk tetap melakukan imunisasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter meski sedang pandemi.

Sebab, semua itu perlu dilakukan demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya, bahkan penyakit yang mematikan.

Vaksinasi COVID-19 ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi Anda dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara kita.***
 

Destyana,
Mahasiswa semester 6, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Bupati dan Kapolres Siak dan Turun Gunung Pantau Penerapan PPKM di Tualang

    Alfedri menambahkan, untuk menekan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Siak, harus ada kerjasama dari semua pihak termasuk masyarakat.
  • 5 hari lalu

    Beri Dukungan, Bupati Alfedri Kunjungi Warga Isoman di Tualang

    Ketika menerima kunjungan itu, ananda Aurora tetap berada di dalam rumah, kemudian Bupati Alfedri memberikan semangat dan bantuan.
  • 2 hari lalu

    Bupati Alfedri Luncurkan Bantuan Beras PPKM 2021

    Bupati Alfedri meminta kepada tenaga pendamping PKH di kecamatan maupun tenaga kerja sosial kecamatan untuk membantu menyalurkan bansos tersebut hingga tepat sasaran dan tepat adm
  • 3 hari lalu

    Setelah Lantik Pengurus IPMKS-B, Bupati Siak Ajak Mahasiswa Hingga Badan Usaha Bersinergi Bangun Daerah

    Atas kerjasama yang terjalin itu, Bupati Alfedri memberikan apresiasi kepada kedua pihak, terutama kedua Korporasi tersebut telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomi
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f