Selasa, 05 Juni 2018 10:01:00

58.922 Pemilih Ganda Terindikasi di Pilgub Riau

PEKANBARU, Globalriau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilgub Riau 2018, 25 April 2018 lalu. Total 3.622.488 Daftar Pemilih Tetap di 12 kabupaten/kota dengan jumlah TPS sebanyak 12.048.
 
Anggota Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata, Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia mengatakan, berdasarkan pencermatan yang dilakukan oleh Panwas Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau, mereka menemukan dugaan kegandaan daftar pemilih pada Pilgubri 2018 sebanyak 58.922.
 
 
"Dugaan kegandaan daftar pemilih tetap terbanyak, berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebanyak 22.715, di peringkat kedua Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sebanyak 11.849, dan peringkat ketiga Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebanyak 9.089," ujar Gema, Senin (4/6/2018).
 
Menyikapi masalah tersebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau langsung menyurati Ketua KPU Provinsi Riau Nurhamin pada 21 Mei 2018 untuk segera melakukan verifikasi dan identifikasi terhadap 58.922 dugaan kegandaan daftar pemilih tersebut.
 
Selain itu Bawaslu Riau meminta KPU Riau untuk melakukan penandaan serta penyaringan terhadap Formulir Model C-6 atau surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih sebelum diserahkan kepada calon pemilih.
 
"Walaupun DPT telah ditetapkan KPU, Bawaslu dan Panwas tetap bekerja melakukan pengawasan terhadap DPT, dalam bentuk pencermatan," tegas Gema.(rls)
Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Program 'Bedah Jalan' Demokrat, DR Firdaus Begadang Hingga Dinihari

    PEKANBARU, Globalriau.com - Calon Gubernur Riau nomor urut 3 DR H Firdaus ST MT sangat antusias menghadiri program 'bedah
  • satu minggu lalu

    Cawagub Riau Rusli Effendi Ingatkan Perlunya Mendidik Remaja agar Cinta Al Quran

    PEKANBARU, Globalriau.com - Kasus kejahatan yang melibatkan anak di bawah umur, atau tepatnya mereka yang berstatus remaja al
  • satu minggu lalu

    Calon Gubernur Riau DR Firdaus Janji Perhatikan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas

    PEKANBARU, Globalriau.com - Saat ini, angka penyandang disabilitas di Provinsi Riau lebih dari 11 ribu tersebar di seluruh ka
  • satu minggu lalu

    PSI Riau Akan Tentukan Dukung kepada Salah Satu Paslon Pilgubri

    PEKANBARU, Globalriau.com  - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Riau akan menentukan dukungannya kepada salah satu Paslo
  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.