• Home
  • Pekanbaru
  • Asap dari Pelalawan dan Inhu Selimuti Kota Pekanbaru
Rabu, 11 September 2019 13:08:00

Asap dari Pelalawan dan Inhu Selimuti Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru diselimuti kabut asap.

PEKANBARU, globalriau.com - Kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap yang menyelimuti daerah di Riau. Bahkan jarak pandang di Pekanbaru hanya 1,5 kilometer, nyaris mengganggu penerbangan pesawat yang memiliki standar jarak pandang minimal 1 kilometer.

"Terdeteksi 154 titik panas di Riau, dan dari jumlah itu terpantau 97 titik api akibat dari kebakaran hutan dan lahan," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki, Sabtu (7/9).



Marzuki menjelaskan, daerah paling parah diselimuti kabut asap adalah Kota Pekanbaru. Jarak di Kota Pekanbaru hanya 1,5 km. BMKG memastikan kabut asap Pekanbaru merupakan kiriman dari Pelalawan dan Indragiri Hulu.

"Dilihat dari arah angin, kabut asap Pekanbaru kiriman dari Pelalawan dan Indragiri Hulu. Kalau untuk jarak pandang di Pelalawan 2 km, Dumai 4 km dan Inhu 4 km," kata Marzuki.

Marzuki merincikan, 154 titik panas terdeteksi di Riau itu tersebar di delapan kabupaten paling banyak di Pelalawan yakni 60 titik. kemudian disusul Indragiri Hulu 42 titik, Indragiri Hilir 34 titik, Kepulauan Meranti 6 titik, Kuantan Singingi 5 titik, Bengkalis 3 titik, Kampar 2 titik dan titik dan Rokan Hilir 2 titik.

"Sedangkan 97 titik api yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan itu paling banyak ditemukan di Pelalawan 45 titik, Indragiri Hulu 25 titik, Indragiri Hilir 19 titik, Kepulauan Meranti ada 3 titik, Rokan Hilir 2 titik dan Bengkalis 2 titik, Kuantan Singingi 1 titik," tandasnya.(mdk)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Pekerja Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Tewas Tertimpa Crane

    Apriyanto merupakan karyawan PT. Grant Surya Pondasi Subcon PT HKI. Dia tewas tertimpa crane pada Senin (10/2) sekitar pukul 17.00 Wib tepatnya di proyek yang tengah dikerjakan di
  • 2 minggu lalu

    Tersangka Korupsi Pipa Transmisi PDAM, Polisi Bakal Jemput Paksa Wabup Bengkalis

    Sunarto menyebutkan Muhammad sudah dua kali tidak hadir, jika hari ini mangkir. Berdasarkan aturan hukum, Muhammad akan dijemput paksa untuk panggilan ketiga.
  • 3 minggu lalu

    LAZNas Chevron Resmikan Sumur ke-39 di Kelurahan Minas Jaya

    Peresmian kali ini turut hadir Direktur Utama LAZNas Chevron Indonesia beserta jajarannya, Yayasan Aksi Bersama Indonesia (ABI) beserta jajarannya, Donatur beserta rombongan,
  • 3 minggu lalu

    Erdiansyah: Aparat Bisa Selidiki Laporan Keuangan PT Peputra Supra Jaya

    Dalam perkara tersebut, MA memutus bersalah Peputra Supra Jaya (PSJ) telah mengelola kawasan hutan menjadi kebun kelapa sawit pada areal hutan tanaman industri milik PT Nusa Wana R
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0