• Home
  • Pekanbaru
  • Bom, Senapan, Hingga Granat Tangan Diamankan dari Universitas Riau
Minggu, 03 Juni 2018 05:43:00

Bom, Senapan, Hingga Granat Tangan Diamankan dari Universitas Riau

Kompas.com
Petugas menyusun barang bukti sebelum Kapolda Riau Irjen Pol Nandang dan Rektor Universitas Riau Aras Mulyadi menggelar konferensi pers terkait penangkapan tiga terduga teroris dan penyitaan empat bom siap pakai dari gelanggang mahasiswa Universitas Riau,
JAKARTA, Globalriau.com - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror mengamankan sejumlah bom, senapan, hingga granat tangan rakitan di gelanggang mahasiswa yang terletak di kawasan kampus Universitas Riau, Sabtu (2/6/2018).
 
Densus juga meringkus terduga teroris berinisial MNZ (33) di dalam area Universitas Riau, dekat Gedung Fisipol, Kampar Riau. MNZ yang langsung ditetapkan sebagai tersangka itu merupakan alumni universitas tersebut.
 
 
"Sekitar pukul 13.30 WIB, Densus 88 menangkap MNZ sekaligus melakukan penggeledahan. Tim kami menemukan bom rakitan di Kampus Unri Fakultas Fisipol," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto melalui pesan singkat, Sabtu malam.
 
Barang bukti bom yang didapat, yakni dua bom pipa besi, bahan peledak jenis TATP siap pakai, bahan peledak lain, yakni pupuk KN03, sulfur, gula dan arang.
 
Selain itu, tim Densus 88 juga menemukan dua busur panah dan delapan anak panah. "Ada pula satu pucuk senapan angin dan satu buah granat tangan rakitan," papar Setyo.
 
Penangkapan MNZ merupakan pengembangan atas keterangan dua orang terduga teroris yang diringkus sebelumnya, yakni berinisial RB alias D dan OS alias K.
 
Keduanya juga merupakan mantan mahasiswa di univesitas yang sama dengan pelaku. "Kedua orang itu sudah terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka," ujar Setyo.
 
Setyo menambahkan, MNZ memiliki kemampuan untuk merakit bom TATP. Ia juga membagi keahliannya tersebut di tautan grup media sosial Telegram. Namun, Setyo tidak menjelaskan dari mana kemampuan tersebut didapat MNZ.
 
"Rencananya, MNZ ingin melakukan serangan di kantor-kantor pemerintah, yakni di DPR RI dan DPRD," ujar Setyo.
 
Sumber: Kompas.com
Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Program 'Bedah Jalan' Demokrat, DR Firdaus Begadang Hingga Dinihari

    PEKANBARU, Globalriau.com - Calon Gubernur Riau nomor urut 3 DR H Firdaus ST MT sangat antusias menghadiri program 'bedah
  • satu minggu lalu

    Cawagub Riau Rusli Effendi Ingatkan Perlunya Mendidik Remaja agar Cinta Al Quran

    PEKANBARU, Globalriau.com - Kasus kejahatan yang melibatkan anak di bawah umur, atau tepatnya mereka yang berstatus remaja al
  • satu minggu lalu

    Calon Gubernur Riau DR Firdaus Janji Perhatikan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas

    PEKANBARU, Globalriau.com - Saat ini, angka penyandang disabilitas di Provinsi Riau lebih dari 11 ribu tersebar di seluruh ka
  • 2 minggu lalu

    Ucapkan Selamat Mudik, Cagub Riau DR Firdaus Ingatkan Warga untuk Gunakan Hak Pilih

    PEKANBARU, Globalriau.com - Hari ini sebagian warga kota Pekanbaru mulai mudik ke Kampung halaman untuk merayakan Hari Raya I
  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.