• Home
  • Pekanbaru
  • Cagub Firdaus akan Kembangkan Industri Berbasis Agro di Riau
Rabu, 06 Juni 2018 23:29:00

Cagub Firdaus akan Kembangkan Industri Berbasis Agro di Riau

PEKANBARU, Globalriau.com - Calon Gubernur Riau Nomor Urut 3, DR Firdaus MT akan menjadikan industri berbasis agro sebagai andalan perekonomian Riau di masa depan. Ini karena Riau didukung oleh sumber daya alam yang potensial, khususnya di sektor pertanian dan perkebunan.
 
"Sektor pertanian dan perkebunan di Riau sebenarnya sangat baik. Kita punya perkebunan sawit yang luas, juga ada perkebunan kelapa di Inhil, lalu ada sagu di Bengkalis dan Meranti, sayangnya selama ini kita belum optimal mengembangkan industri yang berbasis agro ini. Kita lebih banyak mengekspor ke luar negeri daripada mengolah bahan mentah tersebut sehingga nilai pemasukannya tidak seberapa," ujar Firdaus kepada media, Rabu (6/6/2018) di Pekanbaru.
 
 
Ke depan, Firdaus bertekad akan mengembangkan industri berbasis agro di Riau. Untuk menarik dunia usaha membuka industri hilir produk agro ini, Firdaus akan menyiapkan sejumlah strategi khusus. Seperti aturan dan regulasi yang memberi insentif perusahaan yang serius di hilirisasi industri berbasis agro dan perbaikan infrastruktur penunjang secara paripurna.
 
"Misalnya dengan meringankan perizinan, kebijakan pajak, aturan ketenagakerjaan, dan lain sebagainya yang nantinya tentu akan kita konsultasikan dan koordinasikan dengan pemerintah pusat," katanya.
 
Selain industri skala besar, Walikota Pekanbaru nonaktif ini juga akan merangsang usaha-usaha Kecil, Mikro, dan Menengah di Riau untuk menggeluti industri agro ini. 
 
"Selama ini sebenarnya sudah cukup banyak yang menggeluti usaha industri agro skala kecil dan menengah, seperti industri olahan sagu, kopi, kelapa, maupun kerajinan, namun pengembangannya masih belum maksimal. Ini yang nanti akan kita sentuh, kita bantu permodalannya, packaging-nya, hingga marketnya di luar negeri," ujarnya.
 
Doktor di bidang ilmu pemerintahan ini berkeyakinan, industri berbasis agro di Riau dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian daerah. Apalagi ini sejalan dengan semangat untuk tidak lagi bergantung pada sektor migas yang semakin berkurang. 
 
"Dengan berkembangnya industri berbasis agro yang sejalan pula dengan industri pariwisata dan industri kreatif, maka Riau akan berpeluang semakin meningkat pertumbuhan ekonominya," harap Firdaus.(rls)
Share
Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Danrem Wirabima Perintahkan Pelaku Pembakar Lahan Riau Tembak di Tempat!

    PEKANBARU, Globalriau.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau saat ini meluas dan diduga kuat karena unsur kesenga
  • 3 minggu lalu

    Sumur ke 17, LAZNas Chevron Hadiahkan Air Bersih untuk Warga Muara Fajar Timur

    PEKANBARU, Globalriau.com - Ketersediaan air bersih di masyarakat sangat mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat setempat. D

  • 4 minggu lalu

    Pleno KPU, Syamsuar Resmi jadi Gubernur Riau Terpilih

    PEKANBARU, Globalriau.com - Komisi Pemilihan Umum menetapkan Syamsuar-Edy Natar Afrizal Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gub

  • 4 minggu lalu

    FWD Life Dukung Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di PORNAS VIII Special Olympics Indonesia Riau 2018

    PEKANBARU, Globalriau.com - PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, memperkuat k

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.