• Home
  • Pekanbaru
  • Dewan Kehormatan PWI Susun Kode Perilaku Wartawan PWI
Rabu, 13 Desember 2017 16:10:00

Dewan Kehormatan PWI Susun Kode Perilaku Wartawan PWI

PEKANBARU, Globalriau.com - Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) sudah menyelesaikan draf Kode Perilaku Wartawan PWI. Draf ini dibahas intensif dalam Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) DK PWI di Hotel Millennium, Jakarta, 12 hingga 14 Desember 2017.

''Kode Perilaku Wartawan ini penting untuk pedoman bagi Dewan Kehormatan dalam menegakan harkat dan martabat wartawan anggota PWI,'' ujar Sekretaris DK PWI Provinsi Riau, H Fendri Jaswir, Rabu (13/12).

Konkernas DK PWI ini diikuti oleh Ketua dan Sekretaris DK PWI Provinsi se Indonesia dan DK PWI Pusat. PWI Riau mengirim Ketua DK PWI Riau H. Dheni Kurnia dan Sekretaris DK PWI Riau H Fendri Jaswir.

Fendri mengungkapkan, selama ini PWI sudah punya Kode Etik Jurnalistik (KEJ).  Namun belum bisa menjangkau anggotanya yang melakukan pelanggaran perilaku.

''Dalam Kode Perilaku Wartawan ini diatur kewajiban, larangan dan perilaku yang dilarang. Juga diatur sanksi yang akan diberikan,'' katanya.

Selain membahas Kode Perilaku Wartawan, sebut Fendri, Konkernas DK PWI ini juga membahas penyempurnaan Kode Etik Jurnalistik PWI. Juga dibahas tentang kualifikasi ahli pers. Ahli pers ini akan membantu wartawan anggota PWI yang mengalami sengketa pers.''Nanti akan ada pelatihan ahli pers,'' kata Fendri.

Nantinya, kata Fendri, DK PWI akan membuat pedoman organisasi tentang masalah-masalah teknis perilaku ini. DK PWI juga akan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelesaian sengketa pers oleh DK PWI provinsi.

''Sehingga DK PWI Provinsi punya kerangka kerja yang jelas dalam penyelesaian pelanggaran etika, perilaku dan sengketa pers,'' tuturnya.(rls)

Share
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Kuota CPNS Riau Tunggu Keputusan Pusat

    PEKANBARU, Globalriau.com - Pemerintah Provinsi Riau sampai saat ini masih menunggu kuota penerimaan CPNS dari Kementerian Pe
  • 3 hari lalu

    Disoal Ijazah Paket B dan C Tak Kunjung Selesai, Kadisdik Riau Bungkam

    PEKANBARU, Globalriau.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Rodiyanto memilih tutup mulut ketika dikonf
  • satu minggu lalu

    Mengejutkan, Tengah Malam Ada Pasangan Kelima yang Daftar ke KPU Riau

    PEKANBARU, Globalriau.com - Kejutan hadir di Pilgub Riau 2018. Sekitar 30 menit sebelum masa pendaftaran bakal calon gubernur
  • satu minggu lalu

    Disdik Riau Didesak Segera Salurkan Ijazah Paket B dan C

    PEKANBARU, Globalriau.com - Siswa yang ikut ujian paket pada bulan Oktober 2017 kemarin mendesak agar Dinas Pendidikan (Disdi
  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.