google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Pekanbaru
  • Dua Perampok Toke Sawit Berhasil Dibekuk Poda Riau
Senin, 23 Agustus 2021 15:24:00

Dua Perampok Toke Sawit Berhasil Dibekuk Poda Riau

PEKANBARU, globalriau.com - Pelaku perampokan pengusaha sawit di Siak Hulu, Kabupaten Kampar ini disergap Tim Opsnal Ditreskrimum Polda Riau di Kayu Agung, Sumatera Selatan. Ia ditangkap tak sendiri, melainkan bersama rekannya AR. Dalam aksinya, kedua pelaku berhasil menggondol uang tunai Rp100 juta.



Petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki kedua tersangka lantaran berusaha melarikan diri dan melawan petugas saat akan ditangkap.

“Keduanya terpaksa diberikan tembakan terukur karena melawan saat ditangkap,” jelas Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, yang memimpin konfrensi pers didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum, Kombes Teddy Ristiawan dan Kasubdit II, Senin (23/8/2021).

Perampokan yang dilakukan kedua pelaku, lanjut Narto dilakukan di bulan Juli lalu.“AN dan AR ini beraksi pada bulan Juli lalu di Siak Hulu, Kampar. Dengan sasaran pengusahaa sawit,” ucap Narto.

Dari pengakuan AN, lanjut Narto, sebelum melakukan perampokan. Tersangka terlebih dahulu menghubungi BO rekannya di Pekanbaru.“AN bersama AR ini sengaja datang dari Kayuagung, Sumatera Selatan dan langsung melakukan perampokan,” jelas Narto.

Setibanya di Pekanbaru, AN dan AR bertemu BO. Selanjutnya, mereka melakukan pemetaan lokasi dan sasaran yang akan dirampok.“Jadi AN dan AR ini berstatus residivis, karena juga pernah melakukan kasus serupa,” jelas Narto.

Beberapa waktu melakukan pemantauan, akhirnya keduanya menemukan sasaran yang baru saja keluar bank. Sambil membawa uang didalam plastik berwarna hitam.

“Percobaan pertama gagal. Saat korban berhenti dirumah makan, karena pintu mobil terkunci,” kata Narto.

Namun, keduanya masih bertekad merampok korban dan terus membuntuti hingga korban tiba di rumahnya.

“Begitu korban sampai di rumahnya, kedua pelaku langsung beraksi dan berhasil menggondol uang Rp100 juta,” kata Narto.

Sedangkan, untuk hasil uang rampokan diakui dibagi, AN mendapat jatah Rp40 juta dan AR Rp20 juta.“Ada pelaku lainnya mendapat Rp20 juta inisial BO warga Pekanbaru, yang berstatus pemilik motor yang digunakan untuk merampok,” ungkap mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

Selanjutnya, sebut Narto, pihaknya masih melakukan pendalaman. Untuk mengungkapkan sisa uang hasil rampokan sebesar Rp20 juta lainnya.

“Kemana Rp20 juta lagi masih dikembangkan bersama mengejar keberadaan BO pemilik motor yang digunakan untuk bersaksi,” ucap Narto.

Narto menjelaskan, tersangka AN, dia disematkan ‘Duta’ karena pernah merampok di Malaysia, kurun waktu tahun 2008-2011 silam.“Duta disematkan kepada tersangka AN, karena pernah merampok di Malaysia,” ungkap Narto.

Tersangka AN sendiri mengaku penyematan ‘Duta’ pada dirinya. Karena pernah merampok di Malaysia.“Iya pernah beraksi di Malaysia, namun berhasil kabur,” singkat AN.***

Share
Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    PT Chevron Sampaikan Terimakasih Kepada Para Mitra di Provinsi Riau

    Sebagai bentuk ucapan syukur atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama PT CPI beroperasi di Riau dan harapan bahwa manfaat program kemitraan masyarakat PT CPI di Riau d
  • 4 minggu lalu

    PEWARNA Indonesia Kecam Kekerasan terhadap Wartawan di Dumai

    Menurut Raya, kejadian beruntun kekerasan terhadap pekerja media di Dumai terjadi 3 kali dalam kurun waktu terakhir. Hal tersebut menunjukkan rentannya perlindungan terhadap profes
  • 4 minggu lalu

    30 Personel Brimob Kawal Atlet dari Riau ke Papua

    Dia mengungkapkan, pengawalan terbanyak dilakukan di wilayah Jayapura Kabupaten dan Jayapura Kota. Alasannya karena di dua wilayah ini cabang olahraga terbanyak, sisanya baru dibag
  • 4 minggu lalu

    Siap-siap, Polisi Riau Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 14 Hari

    Sasaran operasi ini yaitu pengendara yang tidak tertib berlalu lintas seperti tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang melawan arus, anak di bawah umur yang berkendara, pengenda
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f