• Home
  • Pekanbaru
  • Idul Fitri 2018, Harga Pertalite di Riau Akan Turun
Rabu, 30 Mei 2018 08:42:00

Idul Fitri 2018, Harga Pertalite di Riau Akan Turun

PEKANBARU, Globalriau.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Riau mendapat kabar gembira dari pemerintahan setempat terkait harga Pertalite. Harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi ini akan turun seiring dengan berlakunya Peraturan Daerah Riau tentang Pajak 5 persen harga Pertalite.
 
Sekretaris Daerah Riau Ahmad Hijazi menjelaskan, harga Pertalite yang semulanya Rp 8.150 per liter akan turun menjadi Rp 7.750. Hal ini terjadi karena adanya harmonisasi dengan Perda yang diketuk palu April lalu itu.
 
"Insya Allah ini akan menjadi THR bagi masyarakat Riau," kata Ahmad kepada wartawan, Selasa (29/5/2018).
 
 
Ahmad menyatakan, setidaknya Pertalite turun 7 hari sebelum Lebaran karena Perda sudah dimasukkan ke lembaran daerah Riau.
 
"Setelah itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan menyampaikan lembaran daerah tersebut ke Pertamina untuk penyesuaian harga," sebut Ahmad.
 
Terpisah, Wakil Ketua DPRD Riau NoviwaldyJusman berharap masyarakat Riau bisa merasakan harga Pertalite dengan pajak lima persen sebelum hari raya idul Fitri nanti.
 
"Ya, kita tentu berharap sebelum idul Fitri sudah bisa dirasakan, kan revisi Perda ini sudah lama juga dinantikan oleh masyarakat," ungkapnya.
 
Saat ini, kata Politisi Demokrat ini, DPRD sudah melakukan harmonisasi terkait hasil evaluasi yang diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu.
 
Sebelumnya, harga Pertalite di Riau menjadi termahal di Indonesia karena Pemerintah Provinsi Riau menerapkan pajak 10 persen. Hal itu membuat Pertalite menjadi Rp 8 ribu per liter.
 
Tak lama kemudian, Pemerintah Pusat menaikkan lagi harga Pertalite menjadi Rp 150 hingga harga di Riau menjadi Rp 8.150 per liter.
 
Mahalnya harga ini membuat ribuan mahasiswa pernah menduduki gedung DPRD Riau. Massa mendesak ada revisi Perda tentang Pajak Pertalite hingga akhirnya dibentuk panitia khusus.
 
Beberapa bulan bekerja, akhirnya Pansus setuju pajak Pertalite diturunkan menjadi 5 persen. Dengan demikian harga Pertalite di Riau akan menjadi Rp 7.750 per liter. Hanya saja hal ini belum berlaku karena Perda ini masih tahap harmonisasi.
 
Sumber: Liputan6.com
Share
Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Bawaslu Riau Dapati Belasan Bacaleg Curi Start

    PEKANBARU, Globalriau.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (KPU) provinsi Riau telah mengingatkan belasan Bakal Calon Legislatif

  • 3 hari lalu

    Lolos Daftar Calon Tetap DPR RI, Gubernur Riau Resmi Mengundurkan Diri

    PEKANBARU, Globalriau.com - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai penetapannya seb

  • 4 hari lalu

    Ketua Banser NU Riau : Saya Tidak Diusir Lembaga Adat Melayu

    PEKANBARU, Globalriau.com - Penolakan yang disampaikan warga Riau atas acara Kirab Kebangsaan ditanggapi Ketua Barisan Anshor S

  • 5 hari lalu

    Usai Pertemuan, Ketua GP Ansor Riau Tinggalkan Gedung LAM Riau

    PEKANBARU, Globalriau.com - Berbeda dari biasanya, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mendadak ramai dan riuh meskipun sedang tida

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.