google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Pekanbaru
  • Kepala BPBD Riau Jelaskan Mengapa Rapat Penetapan Status Darurat Karhuta Dipercepat
Rabu, 28 Oktober 2020 17:01:00

Kepala BPBD Riau Jelaskan Mengapa Rapat Penetapan Status Darurat Karhuta Dipercepat

PEKANBARU, globalriau.com - Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau akan berakhir pada 31 Oktober 2020. Pemprov Riau mengklaim bahwa pencabutan status tersebut, Riau lebih cepat jika dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan hal ini disebabkan penanganan Karhutla di Riau dianggap berhasil oleh pemerintah pusat, di tengah wabah Covid-19.

“Pak Gubernur sejak awal sudah mengarahkan, bahwa untuk penanganan Covid-19 menjadi fokus instansi kesehatan. Saya diminta fokus pada penanganan karhutla,” katanya saat dihubungi, Rabu, (28/10/2020).

Pada 27 Oktober 2020, pertemuan dengan berbagai stakeholder yang terlibat dalam penanganan Karhutla di Riau dilakukan.

Hasil evaluasi mencatat bahwa penanganan dianggap berhasil dengan beberapa indikator, salah satunya jumlah luasan lahan yang terbakar, dan sebaran titik panas lebih sedikit. Yang terpenting adalah, Riau tidak lagi berasap seperti tahun 2019 lalu.

Menurut Edwar, sejak diberlakukan status siaga darurat Karhutla, luas lahan yang terbakar mengalami penurunan drastis yakni 83.62 persen, dari 9.706,73 hektare hingga saat ini hanya 1.587, 66 hektare.

 "Jika dibandingkan dengan tahun lalu (2019), terjadi penurunan jumlah luas lahan terbakar yang cukup signifikan, bahkan penurunannya mencapai 83,62 persen," katanya.

“Kami melihat, apa yang dicapai dalam penanganan karhutla di Riau 2020, berkat kerjasama semua pihak. Dukungan Pak Gubernur selaku komandan Satgas, dukungan penuh dari TNI-Polri, dan kelengkapan informasi dari dasbor Lancang Kuning,” sebutnya. (MCR)

Share
Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    LAMR Apresiasi Polda Riau Dalam Berantas Narkoba dan Majukan Anak Masyarakat Adat Melayu

    Datuk Seri Al Azhar mengatakan, dengan bangganya kita membaca di sosial media bahwa terdapat dua orang anak dari suku Talang Mamak dari daerah Talang Jerinjing Enam Raja yang melak
  • satu minggu lalu

    40 Ribu UKM di Riau Kembali Diusulkan Dapat Bantuan Pusat

    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPK UKM) Riau, Asrizal mengatakan, pihaknya mendata ada 51 ribu lebih pelaku UKM di Riau yang akan menda
  • satu minggu lalu

    Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 hari ini di Riau 1.002 Orang

    Selain itu, dilaporkan juga untuk pasien meninggal karena Covid-19 hari ini sebanyak 2 orang. Sementara jumlah keseluruhan pasien dinyatakan meninggal karena corona di negeri lanca
  • 2 minggu lalu

    1.958 Pasien Positif Covid-19 Masih Jalani Perawatan di Riau

    Lebih lanjut dikatakannya, memang saat ini pasien positif Covid-19 didominasi oleh pasien yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) atau sekitar 75 persen dari total pasien positif C
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...