google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Pekanbaru
  • Mahasiswa KKN Adiraka UNRI Kembangkan Potensi Wisata di Kelurahan Meranti Pandak
Minggu, 22 Agustus 2021 18:29:00

Mahasiswa KKN Adiraka UNRI Kembangkan Potensi Wisata di Kelurahan Meranti Pandak

PEKANBARU, globalriau.com - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adiraka 21 Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru yang ditempatkan di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru mendorong optimalisasi kemampuan masyarakat selama pandemi Covid-19 melalui berbagai kegiatan.Selama 40 hari mengabdi, kelompok KKN Adiraka UNRI di bawah pendampingan Fanny Septya, S.P., M.Si mengusung sejumlah Program Kerja (Proker) utama. Salah satunya yaitu, Optimalisasi Potensi Wisata Lokal Melalui Pembuatan Video Branding Wisata.



Proker yang disusun kelompok Adiraka UNRI menyasar pada bidang Pariwisata dan tema Unggulan. Selain itu, target yang disasar kelompok KKN Adiraka UNRI meliputi Masyarakat Pekanbaru dan Kelompok Sadar Wisata Titian Meranti (POKDARWIS).“Ini merupakan KKN Balek Kampung Gelombang 3 periode Juli-September tahun 2021. Dan, kami mengusung 3 tema yaitu Tema New Normal, Tema  Literasi, dan Tema Unggulan” ujar Fanny Septya S.P., M.Si, Kamis (15/7/2021). 

                                    
Ia mengatakan walau digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mahasiswa yang ia bimbing tetap bersemangat dan termotivasi untuk memberdayakan masyarakat di lokasi KKN.

Ketua KKN Adiraka UNRI Endi Irawan menyampaikan,”Masyarakat setempat sangat antusias saat mengikuti rangkaian Program Pengembangan Potensi  Wisata Lokal Kelurahan Meranti Pandak, dimana Potensi Wisata di Kelurahan Meranti Pandak meliputi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di pinggiran sungai Siak, Jembatan Siak IV yang berada di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, Kampung Nelayan, dan Juga Klenteng/Pagoda yang berada di RW 9 Kelurahan Meranti Pandak. Antusiasme masyarakat juga ia rasakan saat program unggulan ini dijalankan”.Ujarnya.

“Masyarakat di Kelurahan Meranti Pandak terutama RW 5 Ibrahim antusias dalam mengikuti program unggulan ini, seperti Membersamai kelompok KKN Adiraka UNRI dalam melakukan Gotong Royong membersihkan RTH,” ucapnya.   
                      
Dalam menjalankan Program ini, KKN Adiraka UNRI melakukan serangkaian kegiatan. Program ini diawali dengan kegiatan membersihkan RTH yang berada di RW 5 Kelurahan Meranti Pandak bersama Warga setempat.Kegiatan selanjutnya yang dilakukan dalam program ini yaitu melakukan zoom Meeting bersama Pokdarwis dan juga Gubernur Riau mengenai Potensi Wisata yang ada di Riau, khususnya di Kelurahan Meranti Pandak. Dimana dalam kegiatan ini KKN Adiraka UNRI bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata Titian Meranti. Zoom Meeting ini membahas mengenai Potensi-potensi wisata lokal yang ada di Riau, terutama di Kelurahan Meranti Pandak dan membahas mengenai Pengembangan Potensi wisata lokal yang ada di Riau.     
               
“Kami akan bekerjasama dengan mahasiswa KKN Adiraka UNRI, beserta Stakeholder Terkait dalam Mewujudkan dan mengembangkan Potensi wisata lokal yang ada di Kelurahan Meranti Pandak ini,” Ujar Ketua Pokdarwis Titian Meranti.Kemudian, Mahasiswa KKN Adiraka UNRI melakukan pembuatan tong sampah unik dan kreatif dengan memanfaatkan ember bekas dan juga melukis poster dengen menggunakan spanduk bekas untuk menambah pesona wisata RTH di kelurahan Meranti Pandak. Tidak hanya itu, mahasiswa KKN Adiraka UNRI juga melakukan pengecatan pada Tiang-tiang Pagar yang ada di RTH.

Adapun Kegiatan terakhir dalam mewujudkan program ini yaitu pengambilan video Branding Wisata yang ada di kelurahan Meranti Pandak. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN Adiraka UNRI didampingi oleh POKDARWIS Titian Meranti dan juga bekerjasama dengan Ditpolairud Riau. Kegiatan ini dilakukan dengan pengambilan video menggunakan Kapal yang dimiliki oleh Ditpolairud. Pengambilan Video ini diawali pada Pagoda/Klenteng di RW 9 Kelurahan Meranti Pandak, Jembatan Siak IV, dilanjutkan ke Kampung Nelayan, dan diakhiri di RTH Kelurahan Meranti Pandak.

Jika program ini dapat dikembangkan secara bersama-sama dengan POKDARWIS Titian Meranti dan Juga Stakeholder terkait, seperti Dinas Pariwisata Riau dalam meningkatkan potensi wisata lokal di Kelurahan Meranti Pandak, dengan semakin banyak nya masyarakat yang datang dan tau mengenai wisata lokal yang ada di Kelurahan Meranti Pandak maka hal ini diharapkan dapat menambah peningkatan pendapatan masyarakat setempat dan juga meningkatkan UMKM-UMKM yang ada Di Riau,” Tutur Ketua KKN Adiraka UNRI, Endi Irawan (Sabtu, 14/8/2021).***

Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    PEWARNA Indonesia Kecam Kekerasan terhadap Wartawan di Dumai

    Menurut Raya, kejadian beruntun kekerasan terhadap pekerja media di Dumai terjadi 3 kali dalam kurun waktu terakhir. Hal tersebut menunjukkan rentannya perlindungan terhadap profes
  • 2 bulan lalu

    Dua Perampok Toke Sawit Berhasil Dibekuk Poda Riau

    Petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki kedua tersangka lantaran berusaha melarikan diri dan melawan petugas saat akan ditangkap.
  • 3 bulan lalu

    Alhamdulillah, Perekonomian Riau Tumbuh 5,13 Persen pada Triwulan II-2021

    Gubernur Riau, H Syamsuar, di Pekanbaru Kamis (5/8/2021) menyebutkan, Riau termasuk penyumbang kontribusi perekonomian besar di Sumatera. Kabar ini merupakan salah satu kado Hari J
  • 3 bulan lalu

    Danrem 031 Wira Bima Menggesa Vaksinasi Usia 12-17 Tahun

    Tidak hanya itu, Danrem 031 Wira Bima, juga menyediakan tempat vaksinasi COVID-19 yaitu di Polirem Denkesyah Korem 031 Wira Bima. Dimana hal ini juga merupakan program dari Persit
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f