• Home
  • Pekanbaru
  • Pleno KPU, Syamsuar Resmi jadi Gubernur Riau Terpilih
Rabu, 25 Juli 2018 13:57:00

Pleno KPU, Syamsuar Resmi jadi Gubernur Riau Terpilih

Merdeka.com
Syamsuar-Edy Nasution termia hasil penetapan KPU.

PEKANBARU, Globalriau.com - Komisi Pemilihan Umum menetapkan Syamsuar-Edy Natar Afrizal Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih. Penetapan pemenang Pilgub Riau dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Ball Room Hotel Arya Duta, Riau hari ini.

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih tidak dihadiri pasangan calon yang kalah dalam Pilkada 27 Juni 2018 lalu. Itu hanya dihadiri pemenang Pilgub Riau, paslon Syamsuar-Edy Natar Afrizal Nasution.



"Rapat pleno ini cukup sederhana, kita hanya menyerahkan Berita Acara dan SK dari MK. Kita juga sudah mengundang pasangan lainnya untuk hadir dalam rapat pleno ini," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nurhamin di lokasi, Riau, Selasa (24/7).

Di akhir pleno tersebut, Nurhamin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama menyukseskan Pilkada Riau hingga berlangsung aman dan nyaman.

Dengan ditetapkan pemenang Pilkada Riau, pasangan Syamsuar-Edy Nasution dinyatakan sah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. Mereka tinggal menunggu pelantikan pada Maret 2019 mendatang.

Hasil perhitungan suara dari setiap kabupaten/kota di tingkat provinsi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018, Minggu (8/7) pagi lalu di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, pemenangnya adalah pasangan nomor urut 1 SyamsuarEdy Nasution.

Pasangan Syamsuar Edy Nasution unggul di Kota Pekanbaru (138.664 suara), Kabupaten Rokan Hulu (69.946 suara), Kabupaten Rokan Hilir (97.239 suara), Kota Dumai (41.144 suara), Kabupaten Bengkalis (87.709 suara), Kabupaten Kepulauan Meranti (38.999 suara), Kabupaten Siak (110.020 suara), Kabupaten Pelalawan (36.161 suara), dan Kabupaten Kuantan Singingi (39.881 suara).

Dengan perolehan total suara Syamsuar Edy Nasution 799.289 suara. Selisih suara dengan posisi kedua yang ditempati pasangan Arsyadjuliandi Rachman Suyatno sebanyak 292.102 suara.

Pasangan Syamsuar yang merupakan Bupati Siak dua periode dengan Edy Nasution mantan Komandan Korem Wirabima Pekanbaru berpangkat Brigjen purnawirawan ini diusung tiga partai politik, yaitu PAN, Nasdem dan PKS. Mereka membentuk Koalisi Riau Bersatu (Karib).

Sedangkan pasangan Arsyadjuliandi Rachman (Gubernur Riau)Suyatno (Bupati Rokan Hilir) keok dalam pesta demokrasi itu. Mereka hanya unggul di Kabupaten Indragiri Hulu (40.885 suara). Pasangan dengan nomor urut 4 ini memperoleh total suara sebanyak 507.187 suara. Pasangan petahana ini diusung oleh Golkar, PDI-P, Hanura dan PKPI.

Sementara diposisi ketiga, perolehan suara hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Riau, pasangan nomor urut 3 Firdaus (Wali Kota Pekanbaru dua periode)Rusli Effendi unggul di Kabupaten Kampar dengan perolehan 118.511 suara. Total perolehan suara pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat dan PPP, ini sebanyak 416.248 suara.

Untuk pasangan Lukman EdyHardianto, kedua anggota legislatif ini hanya unggul di Kabupaten Indragiri Hilir dengan memperoleh 114.862 suara. Total suara pasangan yang diusung PKB dan Gerindra ini memperoleh 369.802 suara.

Untuk jumlah surat suara sah sebanyak 2.092.526 suara dan surat suara tidak sah sebanyak 53.606 suara. Jumlah total suara sah dan tidak sah 2.146.132 suara.

Sumber: Merdeka.com

Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Terkait Pendaftaran Capres, 9 Sekjend Parpol Pendukung Jokowi Sambangi KPU

    JAKARTA,Globalriau.com - Delapan sekjen partai pendukung Joko Widodo tiba di Komisi Pemilihan Umum sekitar pukul 14.00 WIB. Sek

  • 3 minggu lalu

    Sumur ke 17, LAZNas Chevron Hadiahkan Air Bersih untuk Warga Muara Fajar Timur

    PEKANBARU, Globalriau.com - Ketersediaan air bersih di masyarakat sangat mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat setempat. D

  • 3 minggu lalu

    MK Putuskan Komisioner KPU Kabupaten/Kota 5 orang

    JAKARTA, Globalriau.com - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Komisioner Komisi Pemilihan Umum tingkat Kabupaten atau Kota ha
  • 4 minggu lalu

    FWD Life Dukung Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di PORNAS VIII Special Olympics Indonesia Riau 2018

    PEKANBARU, Globalriau.com - PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, memperkuat k

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.