• Home
  • Pekanbaru
  • Tersangka Peracik Bom Unri Pernah Dihubungi Pelaku Penyerang Mapolda Riau
Senin, 04 Juni 2018 15:35:00

Tersangka Peracik Bom Unri Pernah Dihubungi Pelaku Penyerang Mapolda Riau

Polisi geledah Fisip UNRI Pekanbaru.
PEKANBARU, Globalriau.com - Syahrul Mubarak, Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Sakai FISIP Universitas Riau (Unri) 2006-2008, masih ingat peristiwa penyerangan Mapolda Riau oleh empat penyerang kelompok Jemaah Ansharut Daulad (JAD) Dumai yang dipimpin Pak Ngah alias Mursalin alias Ical.
 
Ketika itu, cerita Syahrul secara khusus kepada Riauonline.co.id, gerak-gerik peracik bom dengan kualitas daya ledak tinggi, Muhammad Nur Zamzam (MNZ) alias Zega, sudah mencurigakan.
 
 
"Apalagi, di depan kawan-kawan ia memperlihatkan peledak dengan ukuran sangat kecil. Ia main-mainkan dan ia ledakkan. Memang bunyi kecil, lebih besar daripada mercon. Tapi kita sudah ingatkan, jangan kau bawa barang itu (bom) ke kampus (Universitas Riau)," ucap Syahrul, mengenang peristiwa sebelum Ramadan lalu.
 
Mapolda Riau, Rabu, 16 Mei 2018, diserang oleh lima orang menggunakan kendaraan Toyota Avanza. Empat penyerang dari kelompok JAD tewas bersinbah darah usai ditembak kepolisian. Adapun seorang lainnya, ditangkap hidup-hidup.
 
Adapun seorang anggota Polantas Polda Riau, Ipda Auzar menjadi korban tabrak mobil teroris. Dua wartawan juga ikut jadi korban serta dua polisi mengalami luka hunusan pedang.
 
Terlontarlah dari mulut Zega, tutur Syahrul, sebelum penyerangan Mapolda Riau, Pak Ngah sempat menghubungi dirinya meminta bom yang sudah berhasil dirakitnya. Namun, permintaan itu tak dikabulkan karena tak ada perintah atau izin dari Amir Zega.
 
"Ketika itu, kami setengah percaya dan tidak, Zega mengatakan, teroris penyerang Mapolda Riau sempat hubunginya untuk meminta bom guna bunuh diri menyerang Mapolda Riau," kata Syahrul, Sabtu malam, 2 Juni 2018.
 
Ia juga memprediksi, tinggal menunggu waktu saja, Zamzam ini dibekuk Densus 88 Anti-Teror di Universitas Riau. "Kami sudah memprediksi, tinggal menunggu waktu saja Densus 88 datang dan menangkap Zega," ujarnya.
 
Sumber: Liputan6.com
Share
Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Danrem Wirabima Perintahkan Pelaku Pembakar Lahan Riau Tembak di Tempat!

    PEKANBARU, Globalriau.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau saat ini meluas dan diduga kuat karena unsur kesenga
  • 3 minggu lalu

    5 Terduga Teroris Kembali Ditangkap di Riau

    PEKANBARU, Globalriau.com - Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap lima orang terduga teroris di Kota Pekanbaru, Riau. Para pe

  • 3 minggu lalu

    Sumur ke 17, LAZNas Chevron Hadiahkan Air Bersih untuk Warga Muara Fajar Timur

    PEKANBARU, Globalriau.com - Ketersediaan air bersih di masyarakat sangat mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat setempat. D

  • 4 minggu lalu

    Pleno KPU, Syamsuar Resmi jadi Gubernur Riau Terpilih

    PEKANBARU, Globalriau.com - Komisi Pemilihan Umum menetapkan Syamsuar-Edy Natar Afrizal Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gub

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.