• Home
  • Pekanbaru
  • Tersangka Peracik Bom Unri Pernah Dihubungi Pelaku Penyerang Mapolda Riau
Senin, 04 Juni 2018 15:35:00

Tersangka Peracik Bom Unri Pernah Dihubungi Pelaku Penyerang Mapolda Riau

Polisi geledah Fisip UNRI Pekanbaru.
PEKANBARU, Globalriau.com - Syahrul Mubarak, Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Sakai FISIP Universitas Riau (Unri) 2006-2008, masih ingat peristiwa penyerangan Mapolda Riau oleh empat penyerang kelompok Jemaah Ansharut Daulad (JAD) Dumai yang dipimpin Pak Ngah alias Mursalin alias Ical.
 
Ketika itu, cerita Syahrul secara khusus kepada Riauonline.co.id, gerak-gerik peracik bom dengan kualitas daya ledak tinggi, Muhammad Nur Zamzam (MNZ) alias Zega, sudah mencurigakan.
 
 
"Apalagi, di depan kawan-kawan ia memperlihatkan peledak dengan ukuran sangat kecil. Ia main-mainkan dan ia ledakkan. Memang bunyi kecil, lebih besar daripada mercon. Tapi kita sudah ingatkan, jangan kau bawa barang itu (bom) ke kampus (Universitas Riau)," ucap Syahrul, mengenang peristiwa sebelum Ramadan lalu.
 
Mapolda Riau, Rabu, 16 Mei 2018, diserang oleh lima orang menggunakan kendaraan Toyota Avanza. Empat penyerang dari kelompok JAD tewas bersinbah darah usai ditembak kepolisian. Adapun seorang lainnya, ditangkap hidup-hidup.
 
Adapun seorang anggota Polantas Polda Riau, Ipda Auzar menjadi korban tabrak mobil teroris. Dua wartawan juga ikut jadi korban serta dua polisi mengalami luka hunusan pedang.
 
Terlontarlah dari mulut Zega, tutur Syahrul, sebelum penyerangan Mapolda Riau, Pak Ngah sempat menghubungi dirinya meminta bom yang sudah berhasil dirakitnya. Namun, permintaan itu tak dikabulkan karena tak ada perintah atau izin dari Amir Zega.
 
"Ketika itu, kami setengah percaya dan tidak, Zega mengatakan, teroris penyerang Mapolda Riau sempat hubunginya untuk meminta bom guna bunuh diri menyerang Mapolda Riau," kata Syahrul, Sabtu malam, 2 Juni 2018.
 
Ia juga memprediksi, tinggal menunggu waktu saja, Zamzam ini dibekuk Densus 88 Anti-Teror di Universitas Riau. "Kami sudah memprediksi, tinggal menunggu waktu saja Densus 88 datang dan menangkap Zega," ujarnya.
 
Sumber: Liputan6.com
Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    FPR, APSI dan KPJ 'Ngamen' Bersama di Panggung Musik Demi Palu

    PEKANBARU, Globalriau.com - Sebagai salah satu pilar demokrasi yang menjadi kontrol sosial dalam kehidupan masyarakat berbangsa

  • 2 minggu lalu

    Terkait Dugaan Dinas Fiktif, Anggota DPRD Rohil Diperiksa Polda

    PEKANBARU, Globalriau.com - Polda Riau menindaklanjuti dugaan surat perintah perjalanan dinas (SPPD) fiktif di lingkungan DPRD

  • 4 minggu lalu

    APBD-P Kota Pekanbaru Tahun 2018 Disahkan Rp2,659 Triliun

    PEKANBARU, Globalriau.com - DPRD Kota Pekanbaru melaksanakan sidang paripurna Laporan Badan Anggaran terhadap Ranperda APBD Per

  • 3 minggu lalu

    Bisa Bermanfaat Bagi Pelaku Usaha, Pansus DPRD Pekanbaru Sahkan Ranperda soal UMKM

    PEKANBARU, Globalriau.com - Setelah melakukan pembahasan yang sangat panjang dengan tujuan untuk melindungi, membantu dan menga

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.