• Home
  • Pekanbaru
  • Tingkatkan Pemasukan Daerah, Firdaus Akan Revitalisasi BUMD yang Sakit
Selasa, 05 Juni 2018 20:53:00

Tingkatkan Pemasukan Daerah, Firdaus Akan Revitalisasi BUMD yang Sakit

PEKANBARU, Globalriau.com - Sebagian besar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang didirikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kondisinya jauh dari harapan. Kontribusi pemasukan bagi daerah tak mampu diberikan sebagian besar BUMD tersebut. Hal inilah yang akan dievaluasi dan direvitalisasi Calon Gubernur Riau Nomor Urut 3, DR Firdaus MT.
 
Menurut Firdaus, BUMD semestinya menjadi salah satu ujung tombak dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Syaratnya tentu saja harus dikelola oleh orang-orang yang profesional.
 
 
"Insya Allah, kita Firdaus-Rusli akan membenahi kondisi BUMD di Riau yang saat ini kondisinya banyak dalam keadaan sakit. Kalau memang sudah tidak mungkin dipertahankan dan hanya memberatkan APBD kita, ya lebih baik dibubarkan," ujarnya.
 
Dari pengamatan Firdaus, sejumlah BUMD di Riau secara faktual mempunyai beberapa masalah secara umum, seperti: unit usaha hampir belum ada yang berjalan baik apalagi mampu memberikan deviden yang layak, aset-aset yang ada belum dimanfaatkan secara optimal, SDM yang tidak profesional serta banyak subsidi anggaran pemerintah daerah yang terbuang sia-sia karena penggunaannya tidak tepat sasaran.
 
"Kelemahan-kelemahan inilah yang nantinya akan kita perbaiki. Kalau memang direksi atau manajemennya tidak profesional, ya diganti dengan yang punya visi bisnis yang baik. Perlu dicari juga bidang usaha apa yang prospektif untuk digarap," ujar Walikota Pekanbaru nonaktif ini.
 
Yang tidak kalah penting dalam revitalisasi BUMD adalah faktor pengawasan yang harus lebih ketat. "Kinerja para direksi di BUMD harus benar-benar terukur dan transparan. Penggunaan keuangan juga harus diawasi secara ketat agar peluang korupsi dapat diminimalisir secara maksimal," katanya.
 
Firdaus optimis, jika pembenahan ini dilakukan secara serius dan didukung sepenuhnya oleh lembaga legislatif dan masyarakat, maka pembenahan BUMD yang ada di Riau dapat diperbaiki kinerjanya. "Tidak mudah memang, apalagi mengubah hal-hal kurang baik yang selama ini sudah membudaya di tubuh BUMD. Tapi kalau kita semua komit menjadikan BUMD sebagai tulang punggung pemasukan daerah, maka bukan mustahil akan muncul BUMD yang menjadi kebanggaan kita bersama," harap Firdaus.(rls)
Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    FPR, APSI dan KPJ 'Ngamen' Bersama di Panggung Musik Demi Palu

    PEKANBARU, Globalriau.com - Sebagai salah satu pilar demokrasi yang menjadi kontrol sosial dalam kehidupan masyarakat berbangsa

  • 2 minggu lalu

    Terkait Dugaan Dinas Fiktif, Anggota DPRD Rohil Diperiksa Polda

    PEKANBARU, Globalriau.com - Polda Riau menindaklanjuti dugaan surat perintah perjalanan dinas (SPPD) fiktif di lingkungan DPRD

  • 4 minggu lalu

    APBD-P Kota Pekanbaru Tahun 2018 Disahkan Rp2,659 Triliun

    PEKANBARU, Globalriau.com - DPRD Kota Pekanbaru melaksanakan sidang paripurna Laporan Badan Anggaran terhadap Ranperda APBD Per

  • 3 minggu lalu

    Bisa Bermanfaat Bagi Pelaku Usaha, Pansus DPRD Pekanbaru Sahkan Ranperda soal UMKM

    PEKANBARU, Globalriau.com - Setelah melakukan pembahasan yang sangat panjang dengan tujuan untuk melindungi, membantu dan menga

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.