• Home
  • Politik
  • Demokrat : TGB dan AHY Punya Peluang Sama di Pemilu 2019
Jumat, 11 Mei 2018 15:28:00

Demokrat : TGB dan AHY Punya Peluang Sama di Pemilu 2019

Kampanye Demokrat dihadiri TGB dan AHY.

JAKARTA, Globalriau.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan semua kader partai punya peluang yang sama untuk dicalonkan di Pemilu Serentak 2019, baik Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi maupun Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Hinca mengakui Demokrat sebenarnya tengah mempersiapkan AHY sebagai calon pemimpin masa depan.

"Siapa saja peluangnya sama," kata Hinca di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono, Kuningan, Jakarta, Jumat (11/5).

Hinca menilai wajar para tokoh mulai melakukan komunikasi politik dan berupaya menaikkan elektabilitas jelang Pemilu Serentak. Demokrat pun mempersilakan kader untuk mempersiapkan diri maju di konstestasi Pemilu, termasuk TGB.



"Dan ini memang saatnya untuk menaikkan elektabilitas masing-masing siapapun boleh melakukan itu. Di demokrat banyak tidak hanya kader-kader yang potensial tapi siapa yang mau naik kontestasi silakan," terangnya.

Namun, Demokrat akan fokus mencari mitra koalisi sebelum menentukan calon yang akan diusung. Hinca mengakui partainya tak cukup suara untuk mengusung calon sendiri.

Suara Demokrat di Pemilu 2014 hanya 10,1 persen, sementara syarat ambang batas pencalonan presiden harus mengantongi 20 persen.

"Kami lebih fokus pada koalisinya. Emang bisa jalan kalau (presentase) cuma 10,1? saya ingin juga mengajak temen-teman bertanya kita balik seolah-olah kalau sudah si A si B si C dapet. perahunya dulu cari kan baru carikan nahkodanya," tandasnya.

Sebelumnya, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengaku masih yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kesempatan kepada semua kader untuk maju di Pilpres 2019, termasuk dirinya. Sebab, sampai saat ini belum ada keputusan dari majelis tinggi partai.

"Saya selalu berhusnuzon, keputusan belum ditetapkan oleh Partai Demokrat dan sepanjang komunikasi dengan ketua umum, beliau orang yang menghormati sistem," ujar TGB di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan.

Sumber: Merdeka.com

Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    NasDem Waspadai agar Jokowi Tak Keok di Sumbar dan Jabar

    ACEH, Globalriau.com - Pada Pilpres 2014 lalu, Joko Widodo (Jokowi) kalah telak di Sumatera Barat dan Jawa Barat. Di dua provin

  • satu minggu lalu

    Cak Imin Klaim PAN Dukung Jokowi asal Dirinya jadi Cawapres

    JAKARTA, Globalriau.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan Ketua Umum Par

  • satu minggu lalu

    Cak Imin Ungkap Rahasia Pilpres 2014

    JAKARTA, Globalriau.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkap bahwa pada Pil

  • 3 minggu lalu

    Didukung Buruh, Prabowo Makin Siap Nyapres di 2019

    JAKARTA, Globalriau.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan, siap menjalankan kepercayaan buruh untuk menj

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.