• Home
  • Politik
  • Demokrat : TGB dan AHY Punya Peluang Sama di Pemilu 2019
Jumat, 11 Mei 2018 15:28:00

Demokrat : TGB dan AHY Punya Peluang Sama di Pemilu 2019

Kampanye Demokrat dihadiri TGB dan AHY.

JAKARTA, Globalriau.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan semua kader partai punya peluang yang sama untuk dicalonkan di Pemilu Serentak 2019, baik Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi maupun Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Hinca mengakui Demokrat sebenarnya tengah mempersiapkan AHY sebagai calon pemimpin masa depan.

"Siapa saja peluangnya sama," kata Hinca di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono, Kuningan, Jakarta, Jumat (11/5).

Hinca menilai wajar para tokoh mulai melakukan komunikasi politik dan berupaya menaikkan elektabilitas jelang Pemilu Serentak. Demokrat pun mempersilakan kader untuk mempersiapkan diri maju di konstestasi Pemilu, termasuk TGB.



"Dan ini memang saatnya untuk menaikkan elektabilitas masing-masing siapapun boleh melakukan itu. Di demokrat banyak tidak hanya kader-kader yang potensial tapi siapa yang mau naik kontestasi silakan," terangnya.

Namun, Demokrat akan fokus mencari mitra koalisi sebelum menentukan calon yang akan diusung. Hinca mengakui partainya tak cukup suara untuk mengusung calon sendiri.

Suara Demokrat di Pemilu 2014 hanya 10,1 persen, sementara syarat ambang batas pencalonan presiden harus mengantongi 20 persen.

"Kami lebih fokus pada koalisinya. Emang bisa jalan kalau (presentase) cuma 10,1? saya ingin juga mengajak temen-teman bertanya kita balik seolah-olah kalau sudah si A si B si C dapet. perahunya dulu cari kan baru carikan nahkodanya," tandasnya.

Sebelumnya, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengaku masih yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kesempatan kepada semua kader untuk maju di Pilpres 2019, termasuk dirinya. Sebab, sampai saat ini belum ada keputusan dari majelis tinggi partai.

"Saya selalu berhusnuzon, keputusan belum ditetapkan oleh Partai Demokrat dan sepanjang komunikasi dengan ketua umum, beliau orang yang menghormati sistem," ujar TGB di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan.

Sumber: Merdeka.com

Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Timses Jokowi-Ma'ruf di 34 Provinsi Sudah Terbentuk

    JAKARTA, Globalriau.com - Koalisi Indonesia Kerja (KIK) telah merampungkan Tim Kampanye Daerah di 34 Provinsi. Surat keputusan

  • 2 minggu lalu

    Menangkan Jokowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Rela Cuti

    JAKARTA, Globalriau.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan akan bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko

  • 2 minggu lalu

    Meski Ma'ruf Amin minta Dukungan, Muhammadiyah Pastikan Tak Berpolitik Praktis

    JAKARTA, Globalriau.com - Bakal calon wakil presiden, Ma'ruf Amin meminta dukungan kepada organisasi islam Muhammadiyah. Ha

  • 3 minggu lalu

    Resmi Cawapres, Ma'Ruf Amin Janji Mundur dari Rais Aam PBNU

    SURABAYA, Globalriau.com - Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres), KH Ma'ruf Amin mengaku akan segera mundur sebagai Rais Aa

  • Komentar
    Copyright © 2018 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.