google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Politik
  • Nasdem dan PPP Berebut Kursi Wakil Walikota Dumai
Kamis, 14 Oktober 2021 19:16:00

Nasdem dan PPP Berebut Kursi Wakil Walikota Dumai

DUMAI, globalriau.com - Pertarungan merebut kursi Wakil Walikota Dumai yang ditinggalkan almarhum Amris bakal berlangsung seru. Apalagi dua partai pengusung, NasDem dan PPP kabarnya belum "satu suara". Masing-masing informasinya tengah berupaya menjadikan kader mereka sebagai pendamping walikota.



Kendati belum menunjukkan perang secara terbuka, namun dinamikanya sudah sangat terasa. Minimal tampak dari sikap politik partai yang masing-masing sudah mengusulkan jagoan mereka.

Seperti santer terdengar ada 4 nama yang dipersiapkan NasDem untuk diusulkan sebagai calon wakil walikota. Namun belakangan mengerucut pada satu nama, yakni bendahara partai, H Abdul Gaffar yang bakal diusung NasDem menjadi Wakil Walikota Dumai.

Sementara dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Dumai kabarnya juga sudah mengusulkan nama tunggal sebagai calon Wakil Walikota Dumai. Nama yang diusulkan tersebut yakni, H Samsul Bahri yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPC PPP Kota Dumai. Samsul sendiri sebelumnya juga dipercaya sebagai Ketua Partai Koalisi PAS (pendukung Paisal-Amris) di Pilkada Dumai 2020 lalu.

" Dukungan PAC dan Banom PPP memberikan amanah kepada saya untuk diusulkan sebagai calon wakil walikota. Ini nantinya juga akan diperkuat melalui putusan Rapimcab PPP," ungkap H Samsul Bahri.

Menganalisa peta sementara, kemungkinan terjadinya kompromi politik antara NasDem dan PPP sangat kecil sekali. Pasalnya kedua partai sama-sama sudah mempersiapkan 2 kader terbaiknya. PPP yang sebelumnya merasa memiliki hak penuh karena almarhum Amris merupakan kader mereka, tentunya tak bisa lagi leluasa. Pergerakan politik yang dilakukan NasDem menjadi sinyal tertutupnya ruang negoisasi antar partai koalisi.

Sebelumnya diberitakan, kursi Wakil Walikota Dumai mengalami kekosongan pasca berpulangnya ke Rahmatullah, Amris, Ssy pada tanggal 29 April 2021 sekitar pukul 10.20 WIB lalu di RS Syafira Pekanbaru. Amris meninggal dalam usia 63 tahun setelah sebelumnya terpapar Covid-19 dan sempat menjalani perawatan medis kurang lebih 17 hari di rumah sakit.

Sejak 6 bulan belakangan, Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS menjalani roda kepemimpinan sendiri. Walikota dituntut bekerja ekstra. Selain bolak-balik melobi anggaran ke pusat, juga dituntut intens turun ke masyarakat. Jadwal agendanya benar-benar padat dan nyaris kurang istirahat.

Beberapa waktu lalu, wacana mengisi kekosongan kursi wakil walikota sudah mulai mengemuka. Hanya saja 2 partai koalisi pendukung pasangan Paisal-Amris di Pilkada Dumai 2020, yakni NasDem dan PPP masih saling menahan diri. Masing-masing enggan bicara terbuka tentang siapa yang akan menggantikan almarhum Amris. Pertimbangannya masih dalam suasana duka.

Namun seiring berjalannya waktu, kursi wakil walikota yang ditinggalkan almarhum Amris tentunya mesti diisi. Apalagi masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah masih cukup lama. Kendati tidak ada kewajiban, namun Walikota Dumai idealnya memang mesti punya pasangan.

Informasi yang dihimpun Kupas Media Grup, Pemerintah Daerah dan DPRD Kota Dumai telah menganggarkan dana pemilihan dan pelantikan wakil Walikota Dumai pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021. Melalui pengalokasian anggaran tersebut, bisa dipastikan pemilihan bakal dilakukan dalam tahun 2021 ini.

“ Anggarannya sudah disahkan. Artinya, pemilihan dan pelantikan wakil walikota bakal dilaksanakan dalam tahun ini juga,” ujar sumber Kupas Media Grup.

Sementara Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Dumai, Idrus, ST mengakui masuknya anggaran pemilihan dan pelantikan Wakil Walikota Dumai di APBD Perubahan Kota Dumai Tahun Anggaran 2021. Anggaran tersebut berada pada pos Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Dumai.

“ Sudah dibahas dan disahkan (anggaran pemilihan dan pelantikan wakil walikota) pada APBD Tahun Anggaran 2021. Kalaupun tidak terealisasi pada tahun ini, anggaran tersebut tentunya menjadi Silpa. Jadi tidak ada masalah,” ungkap Idrus yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Dumai ini.(*)

Share
Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    edotco Group launches inaugural Infrastructure Design Competition in collaboration with University Kebangsaan Malaysia (UKM)

    UKM is edotco's academia partner in organising and leading the university-student engagement initiatives. Both parties will join hands in the industry-academia mentorship sess
  • 16 jam lalu

    Jaga Kesehatan Diri dan Keluarga Bersama Aplikasi SehatQ

    Untuk mendapatkan konsultasi gratis di era digital saat ini tidak perlu ribet harus keluar rumah. Semua kebutuhan seperti pencegahan, hingga pengobatan dari sebelum sampai sesudah
  • 24 jam lalu

    5 Tips Belanja Hemat Saat New Normal

    Karena masa pandemi haruskan Anda untuk tetap survive pada keuangan yang ada, maka butuh tetap menghemat belanja. Berikut tips hemat saat pandemi yang bisa Anda praktekkan.
  • 7 hari lalu

    Melalui Mitigasi Karhutla, Pertamina Dorong Masyarakat Raih Rupiah

    Beberapa waktu lalu isu kebakaran hutan dan lahan juga menjadi tranding di Dunia karena perubahan iklim yang cukup ekstrim, Provinsi Riau cukup menjadi sorotan baik di kancah lokal
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f