• Home
  • Politik
  • Tidak ada Celah Menggugat, KPU Jabar Tegaskan Soal Hasil Rekapitulasi
Minggu, 08 Juli 2018 23:26:00

Tidak ada Celah Menggugat, KPU Jabar Tegaskan Soal Hasil Rekapitulasi

JABAR, Globalriau.com - Hasil rekapitulasi suara Pilgub Jabar, Pasangan Calon (Paslon) Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menang dengan selisih 4,14 persen dengan saingan terdekatnya, yakni Paslon nomor urut 3, Sudrajat-Syaikhu.

Dengan begitu, menurut aturan yang berlaku, hasil ini tidak bisa dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika ada tim pemenangan salah satu calon tidak puas dengan hasil rekapitulasi KPU.

loading...


Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara tingkat provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 di Kantot KPU Jabar, Jalan Garut, Minggu (8/7/2018) sore.

"Berdasarkan hasil ini menurut UU, tidak ada celah bagi paslon yang merasa keberatan untuk menggugat ke MK," katanya.

Yayat menjelaskan, upaya gugatan bisa dilakukan ketika selisih antar pemenang pertama dan kedua hanya 0.5 persen. Meski demikian KPU tetap akan menunggu pengumuman dari MK selama tujuh hari ke depan.

"Setelah rekap ini kita menunggu pengumuman dari MK apakah ada gugatan atau tidak. Setelah itu, kita akan rapat pleno penetapan gubernur," ucapnya.

Seperti diketahui, berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menang dalam Pilgub Jabar. Mereka meraih suara sebanyak 7.226.254 atau 32,88 persen.

Paslon gubernur nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan memperoleh 2.773.078 suara atau 13,62 persen. Sementara paslon nomer urut 3, Sudrajat-Syaikhu memperoleh 6.317.465 suara atau 28,75 persen.

Sumber: Merdeka.com

Share
loading...
Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Survei Indikator: Jokowi Unggul 11 Persen dari Prabowo di Jabar

    Nama lainnya kurang dari 3 persen juga muncul seperti AHY 1,8 persen, Hary Tanoe 1,3 persen. Bahkan ada yang memilih Rizieq Shihab 0,8 persen.
  • 11 bulan lalu

    Ini Penjelasan KPU Soal Baliho Paslon Nomor Urut 2 Tak Pakai Logo Partai

    Pasalnya, dari empat baliho dan spanduk yang dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir, ada satu baliho yang tidak menggunakan logo partai pengusung, yakni ba
  • 11 bulan lalu

    LE Kampanye Dialogis di Bengkalis, Bantan dan Siak Kecil

    Ketua Tim Koalisi Riau Bangkit Kabupaten Bengkalis Misliadi mengatakan Lukman Edy yang berpasangan dengan Hardianto anak jati Bengkalis, pada pagi hari akan melakukan kampanye dial
  • 11 bulan lalu

    Arsyadjuliandi Rachman Serap Aspirasi Masyarakat Sungai Piring

    Targetnya, lanjut dia, saat pelaksanaan pilgubri nanti, pasangan 4yo dapat menang 50 persen. Kemenangan ini menurut Arsyadjuliandi Rachman tidak ditunggu, tapi harus dijemput denga
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...