google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
PT BUKARA
Minggu, 22 September 2019 19:42:00

Tiga ASN Dumai Maju Pilkada

Hendri Sandra, Kepala DPMPTSP Dumai resmi dafatr baakal calon pilkada ke PDIP.

DUMAI, globalriau.com - Sebanyak 3 orang pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintahan Kota Dumai telah mendaftarkan diri secara resmi pada proses penjaringan yang dilakukan partai politik untuk calon kepala daerah/wakil kepala daerah pada Pilkada 2020 mendatang.



Tiga orang pejabat Eselon II tersebut masing-masingnya yakni Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Paisal SKm, Kepala DPMPTSP Hendri Sandra, SE dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dumai DR Muhammad Syahminan, ST, MT.

Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala DPMPTSP Dumai sama-sama mendaftar ke DPC PDIP Kota Dumai untuk maju pada Pilkada Dumai. Sedangkan Kadis PUPR Dumai mengikuti penjaringan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Bengkalis di kantor DPD PAN Bengkalis.

Majunya 3 pejabat Eselon II Pemko Dumai itu mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Satu sisi memberikan dukungan penuh, namun pada sisi lain mengkhawatirkan terganggunya kinerja mereka sebagai pelayan masyarakat.

” Mungkin mereka berhasrat ingin jadi pemimpin juga, dan itu biasa sebagai lompatan karirnya. Tapi yang mesti di ingat, majunya mereka itu jangan sampai mengganggu tugas serta amanah yang diemban saat ini. Jangan karena sibuk sosialiasi lalu pelayanan masyarakat jadi terhambat,” ujar Ketua GM Kosgoro Dumai, Ismanora.

Pada Pilkada Dumai 2020 mendatang, Walikota Dumai H Zulkifli AS tidak bisa lagi ikut bertarung karena sudah 2 periode menjabat sebagai Walikota Dumai. Mungkin hal ini yang memacu libido politik pejabat Dumai untuk mencoba peruntungannya. Dengan tidak ikut bertarungnya incumbent, mereka mungkin merasa peluangnya lebih terbuka.

Wako Diminta Bebaskan

Walikota Dumai, H Zulkifli AS diminta agar memberikan kelonggaran serta membebaskan para pejabat yang ingin bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Bentuk kelonggaran dengan tidak lagi membebani para pejabat (maju Pilkada) dengan tugas-tugas yang menjadi skala prioritas. Apalagi sebagian besar mereka menduduki posisi strategis dalam pelaksanaan pembangunan.

Diantara nama yang sudah mendaftarkan diri secara resmi ke partai politik yakni Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Paisal SKm, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dumai DR Muhammad Syahminan, ST, MT dan Kepala DPMPTSP Hendri Sandra, SE.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal SKm telah mendaftarkan diri dan sudah mengantarkan berkas penjaringan calon Walikota/Wakil Walikota Dumai periode 2020-2025 ke kantor DPC PDIP Kota Dumai. Begitu juga halnya dengan Hendri Sandra yang juga mengantarkan berkas ke kantor DPC PDIP Dumai pada waktu yang berbeda.

Sedangkan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dumai, DR Muhammad Syahminan, ST, MT mendaftar pada penjaringan calon Bupati/Wakil Bupati Bengkalis yang dibuka oleh DPD PAN Bengkalis.

” Agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik, maka mereka dibebaskan dari tugas dan diganti dengan sosok yang bisa lebih fokus dalam bekerja. Dengan begitu mereka juga punya waktu untuk melakukan sosialisasi,” ujar Ketua LSM Pemantau Kinerja Pemerintah Pusat dan Daerah ( PEMUDA) DPD Riau, Fernandes Felix Panggabean kepada riaucrime.com, Minggu (22/9/19).

Lebih penting dari itu, dikatakan Felix jika mereka masih tetap memegang jabatan strategis, dikhawatirkan bakal berpotensi dalam penyalahgunaan anggaran. Hal itu tentu juga tidak bagus bagi kepentingan pembangunan daerah ke depan.
 
” Kita ingin menghindari penyalahgunaan kekuasaan dan anggaran. Pasalnya itu sangat rentan sekali terjadi. Anggaran daerah yang mestinya digunakan untuk pembangunan, malah dimanfaatkan untuk pencitraan. Kalau memang niat mereka ingin maju Pilkada, lebih baik dibebaskan saja. Termasuk membebaskan (mencopot,red) mereka dari jabatannya,” tegas Felix Panggabean.(RC/red)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Ratusan Pedagang di Dumai Tolak PSBB, Pos Check Point Dibubarkan

    Untuk menenangkan aksi massa, Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta dan perwira Kodim 0320/Dumai serta pejabat pada Dinas UKM Dumai mengimbau pedagang dan meminta untuk pulang membubark
  • 7 hari lalu

    Besok Rabu, Pemerintah Dumai Lakukan Rapid Test ke Pedagang Pasar

    Juru bicara gugus tugas penanganan COVID-19, dr Syaiful menyebutkan rapid test yang dilaksanakan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.
  • satu minggu lalu

    Dimulai 18 Mei, Pelanggar PSBB di Dumai Akan Diberikan Sanksi

    Apel dilaksanakan di lapangan upacara eks kantor walikota Jalan HR Subrantas Dumai, diikuti ratusan petugas gabungan dari unsur TNI/POLRI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpo
  • satu minggu lalu

    Walikota Tegaskan PSBB Dumai Dimulai Senin 18 Mei 2020

    Selama PSBB, masyarakat wajib masker dan menerapkan pola hidup bersih sehat, sering mencuci tangan dengan air, menjaga jarak, tidak berkerumun dan tidak keluar rumah kecuali untu
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...