• Home
  • Rohul
  • Kemenag Rohul; Agama Benteng Penyebaran AIDS
Jumat, 04 Desember 2015 18:29:00

Kemenag Rohul; Agama Benteng Penyebaran AIDS

Kepala Kantor (Kakan) Kementrian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul), Drs. H. Achmad Supardi Hasibuan MA

PASIR PANGARAIAN- AIDS penyakit yang ‎berbahaya dan mematikan, sampai kini baik ilmu medis maupun tradisional belum menemukan obat untuk bisa menyembuhkan penyakit menular, karena penyakit itu ditularkan melalui hubungan badan maupun jarum suntik.
 
Guna mengantisipasi penyebaran AIDS, Kepala Kantor (Kakan) Kementrian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul), Drs. H. Achmad Supardi Hasibuan MA menyatakan, benteng yang paling tebal dalam menghindari penyakit HIV, yakni dengan pedoman Agama.
 
“Penyakit AIDS tertular lewat hubungan badan, dengan pasangan lebih dari satu, sehingga satu pasangan melalui pernikahan merupakan cara yang ampuh menghindari diri dari penyakit AIDS,” ungkapnya, Kamis (3/12/2015).
 
Ditambahkannya, dengan satu pasangan penyakit HIV itu tidak akan tertular, sehingga agama menganjurkan ke umatnya. Bila sudah siap, maka segeralah menikah, agar terhindar dari perbuatan zinah yang berujung pada penyakit berbahaya.
 
Terkait banyaknya persepsi masyarakat tentang menunda nikah karena faktor ekonomi, menurut Achmad Supardi, tidak ada satu makhluk di dunia, tidak dicukupi oleh sang pencipta. Maka bersegeralah menikah bila sudah siap.
 
Penyakit berbahaya itu bisa tertular, dikarenakan pergaulan bebas. Selalu bertukar-tukar pasangan. Sehingga menyebabkan,penyakit ini menular secara cepat dan ganas, sebut Ahmad Supardi.
 
Katanya lagi, dalam agama, bagi pasangan yang hendak melakukan pernikahan, atau zaman sekarang disebut dengan pacaran. Di dalam agama lebih dikenal dengan Taaruf. Dimana, taaruf ini hanya saling mengenal satu sama lain.
 
“Bila  pacaran anak zaman sekarang ‎kita lihat, sudah pegangan tangan dan ciuman merupakan hal yang biasa. Untuk itulah perlu di rubah dengan taaruf sehingga bisa terhindar dari pergaualan bebas,” ucapnya.
 
Bupati Ahmad juga mengatakan, penularan penyakit HIV tersebut bukan hanya melalui hubungan badan, namun bisa terjangkit melalui jarum suntik, namun hal itu tidak terlalu banyak. Lebih banyak penularannya melalui hubungan badan atau Sex bebas.
 
Kini, pihak Kemenag Rohul juga sudah mengupayakan agar generasi muda ataupun masyarakat menjauhi penyakit tersebut. Yakni, dengan cara melakukan sosialisasi pada pertemuan dan ceramah -ceramah agama.
 
“Berharap, generasi muda yang sudah siap agar segera langsungkan pernikahan, agar terhindar dari penyakit menular,” sebutnya lagi.(don)

Share
loading...
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Bagaimana Cara Mencegah HIV (Human Immunodeficiency Virus)

    Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.
  • 3 tahun lalu

    Plt Bupati Hadiri Pelantikan Pengurus DPC PSSAB Rohul

    Plt Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Senin (7/2/2017) menghadiri acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Boru (PSSAB) Rohul periode 2017-
  • 3 tahun lalu

    Plt Bupati Rohul Apresiasi Kinerja Pengurus BUMDes Sumber Makmur Kota Baru

    Plt Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kota Baru dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Makmur Desa Kota Baru Kecamatan Kunto Da
  • 3 tahun lalu

    Waspadai DBD, Plt Bupati Rohul Interuksikan Fogging

    Imbauan itu disampaikan Plt Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Sabtu (14/1/2017). Diingatkannya, akibat nyamuk tersebut 2 orang di daerahnya telah meninggal dunia.
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0