• Home
  • Siak
  • Begini Penyebab Terbakarnya Rutan Siak Menurut Napi
Sabtu, 11 Mei 2019 08:14:00

Begini Penyebab Terbakarnya Rutan Siak Menurut Napi

SIAK, globalriau.com - Kerusuhan di Rumah Tahanan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Riau, Sabtu (11/5/2019) pagi, diduga akibat tindak kekerasan yang dilakukan para petugas rutan terhadap sejumlah warga binaan.



Salah seorang napi, Sudanto, mengatakan, kerusuhan mulai terjadi pada pukul 01.00 WIB. Pasca-kerusuhan dan kebakaran, Sudanto dipindahkan ke Ruang Tahanan Kepolisian Sektor Siak.

Ia menyebutkan, awalnya ada razia dari pihak rutan dan ditemukan ada warga binaan yang kedapatan mengonsumsi sabu-sabu.

"Lalu datang polisi untuk mengamankan dan tiga orang dimasukkan ke sel. Pegawai datang dan tahanan itu ditampar. Jadi tahanan lain marah semua," kata Sudanto, seperti dikutip dari Antara, Sabtu pagi.

Menurut dia, setelah itu, para warga binaan langsung marah dan mendobrak pintu sel masing-masing. Bahkan, ada yang jebol dan hancur oleh para tahanan hingga semuanya bisa keluar dari sel. "Pintu-pintu dihancurkan, petugas keluar semua," kata Sudanto.

Sejak saat itu, rutan mulai dikuasai para napi dan sebagian di antara mereka mulai melemparkan sejumlah benda. Menurut Sudanto, terdengar pula suara tembakan dari dalam rutan. Ia menduga berasal dari senjata laras panjang yang ada di rutan.

"Mulai pukul 01.00 WIB, Sabtu dini hari, mereka lempar batu supaya polisi tidak masuk. Ada juga api ketika sudah besar kami lari keluar, ke belakang," ujar pria yang sehari-hari bertugas di bagian dapur rutan itu.

Sudanto dan beberapa rekannya yang diamankan polisi mengaku menyerahkan diri. Sejauh ini, ada 12 orang tahanan yang dipindahkan ke sel Polsek Siak yang berada sekitar 2-3 kilometer dari rutan.

Hingga pukul 03.30 WIB, api sudah tidak terlihat membara, tetapi terlihat hampir semua bangunan rutan ludes. Pihak berwajib dan yang berkepentingan lainnya masih berada di lokasi demikian pula ratusan warga yang ramai melihat kondisi rutan.(jhn)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Kukuhkan Paskibra, Ini pesan Alfedri

    Anggota Paskibraka tingkat kabupaten tersebut merupakan pelajar yang terpilih berasal dari empat belas kecamatan se-Kabupaten Siak. Mereka adalah putra-putri terbaik Siak hasil se
  • 3 hari lalu

    Bupati Alfedri: Hari Ini Kita Bermunajat Mintak Turunkan Hujan

    Bupati Siak Alfedri dalam arahannya menyampaikan, sejumlah agenda hari yang akan di laksanakan, apel senin kali ini sengaja di laksanakan di lapangan Tugu Istana, karena hari ini
  • 3 hari lalu

    Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Siak Adakan Sosialisasi

    Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Raja Indera Pahlawan dan dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H Jamaludin, Selasa (13/8/2019).
  • 3 hari lalu

    Istana Siak Masuk Dalam Tentative Usulan Sidang di UNESCO Sebagai Warisan Dunia

    Bupati Siak Alfedri saat membacakan sambutan gubernur Riau Drs H Syamsuar, M.Si mengatakan, Hari Jadi ini provinsi Riau tahun ini, menjadi bukti perjalanan Provinsi Riau yang telah
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...