google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
COVID-19
  • Home
  • Siak
  • Bupati Alfedri Minta Warga Produktif di Musim Pendemi Covid-19
Minggu, 06 Juni 2021 18:05:00

Bupati Alfedri Minta Warga Produktif di Musim Pendemi Covid-19

SIAK, globalriau.com - Bupati Siak Alfedr melakukan panen semangka di kampung Merempan Hilir kecamatan Mempura, minggu (6/6/2021) siang. Panen buah semangka ini, dilaksanakan di kebun milik Kelompok Tani Anugrah dengan luasan lahan mencapai 3 hektar.

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan panen semangka, di lahan milik kelompok tani anugrah kampung Merempan Hilir, kebun samangka ini merupakan program Baznas kabupaten Siak pola usaha produktif. Lahan yang di siapkan sekarang ada 3 hektar, yang di pakai untuk tanam semangka 1 hektar," ujar Alfedri.

Lanjutnya, dari luasan lahan yang disiapkan dengan kisaran hasil yang di dapat para petani perhektar dalam satu tahunnya mencapai Rp 210 juta."Semangka ini 1 hektarnya bisa menghasilkan 20 ton, kalau harga di masyarakat Rp 3500/kilo itu bisa mencapai 70 juta hasilnya dalam kurun waktu lebih kurang 3 bulan. Jika setahun bisa 3 kali panen 70 juta x 3 = 210 juta/tahunya, jauh lebih besar hasilnya dari sawit," sebutnya.

Ia juga mengharapkan di tengah maraknya pendemi Covid-19 sangat berdampak terhadap sektor ekonomi, sehingga masyarakat di tuntut produktif dalam mencari peluang baru yang dapat menopang ekonomi keluarga.

"Kita mendorong bagi warga masyarakat di tengah wabah Covid 19 ini, harus produktif terutama budidaya tanaman holtikultura dan pala wija, agar ini tersedia di daerah,  sehingga kita tidak mendatangkan dari daerah luar Siak"terangnya.

Usah produktif yang di lakukan para petani Anugarah saat ini, upaya untuk mengangkat ekonomi masyarakat pra sejahtera yang ada di kabupaten Siak.

"Tahun ini melalui program Siak Sejahtera, BAZnas Siak menyiapkan dana 1 Milyar di peruntukan bagi usaha UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) untuk 2 kampung satu kecamatan se kabupaten Siak, jadi ada 28 kampung yang akan menerima manfaat usaha produktif dari Baznas,"terangnya.

Ketua Kelompok Tani Anugrah Eri Yanto mengatakan lahan yang di tanam semangka saat ini, termasuk dataran rendah ketika musim hujan kemarin, kebun semangka sempat terendam.

"Kami mintak bantuan dengan pak Bupati, agar di buatkan paret, agar air mengalir, alhamdulillah alat berat Pemda datang dan melakukan pengalian parit, agar air mengalir", kata Eri.

Momen ke datangan bupati ke Kebun semangka di manfaatkan oleh Eri untuk meminta bantuan traktor penghancur tanah. Agar mempermudah penanaman selanjutnya."Kami saat ini butuh traktor tangan, biar cepat dan permudah kerja,"harapnya.(jhn/infotorial)

Share
Berita Terkait
  • 8 jam lalu

    Persiapkan Diri untuk Dapat Beasiswa di Luar Negeri Bersama EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

    EF Adults salah satu rekomendasi terbaik untuk kamu bisa mendapatkan pendidikan bahasa inggris yang baik karena sudah teruji dan mendapatkan nama besar di beberapa negara maju.
  • 8 jam lalu

    Technology, Manufacturing, and Banking and Finance were Threat Actors' Top Targeted Sectors in Asia Pacific in 2020: Ensign InfoSecurity Report

    Threat actors frequently target technology service providers with these two malware families due to their capabilities to download more malware into the infected systems. Both Emot
  • 8 jam lalu

    Video Musik "You Gotta Be" Tayang Perdana Secara Online Hari Ini

    Video musik True Colors dilengkapi dengan Teks Tertutup (untuk Tunarungu) & Deskripsi Audio (untuk Tunanetra), dan Transkrip video yang menyertainya (untuk Tunanetra sekaligus Tuna
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f