• Home
  • Siak
  • Data BPS, Pengangguran di Siak Meningkat
Senin, 25 Juni 2018 15:46:00

Data BPS, Pengangguran di Siak Meningkat

Pelaksanaan Job Fair di Siak.

SIAK, Globalriau.com - Menurut data jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Siak kian meningkat sejak 2017, sedangkan angka pencari kerja pada tahun yang sama mengalami penurunan.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau yang diperoleh media siber ini, tercatat angka pengangguran di Kabupaten Siak pada 2014 sempat rendah, yakni 3,56 persen. Namun, angka pengangguran ini meningkat tajam pada 2016 dengan posisi 10,2 persen. Angka ini terus meningkat pada 2017.



Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Siak, Amin Budyadi mengatakan, angka 10,2 persen sebagaimana yang terdata pada BPS Riau merupakan akumulasi dari 2015-2016, sehingga terlihat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Distransnaker Siak juga mencatat angka pencari kerja justru turun, yakni 41,7 persen.

"Kalau dijumlahkan per tahun memang sedikit meningkat, namun masih tidak jauh-jauh dari angka 3,9 persen sebagaimana tahun sebelumnya. Saya kira tingkat pengangguran ini masih berada pada angka yang wajar," kata dia, beberapa waktu lalu.

Terkait rendahnya minat pencari kerja pada 2017 juga dipicu tidak adanya program job fair yang digelar Distransnaker Siak. Sebab, banyaknya pencari kerja pada tahun sebelumnya akibat digelarnya job fair oleh Distransnaker Siak.

"Meningkatnya jumlah pencari kerja yang tercatat di Distransnaker karena kita kan mengeluarkan kartu kuning atau AKI. Kartu ini banyak keluar kala kita mengadakan job fair," kata dia.

Pada 2017, job fair tidak dilaksanakan karena berbagai kendala. Rencananya, pada 2018 ini bakal digelar lagi setelah lebaran Idul Fitri 2018.

"Gelaran job fair ini bakal meningkatkan angka pencari kerja di Siak," pungkas Amin.

Sumber: Riaubook.com

Share
Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Pohon Kelapa Bercabang Tiga Hebohkan Warga Siak

    SIAK, Globalriau.com - Pohon berserabut jenis kelapa yang satu ini sangat unik. Tak mungkin rasanya bisa bercabang. Tapi faktan

  • 2 bulan lalu

    Penyelundupan 6 Kg Sabu dari China Berakhir di Siak

    SIAK, Globalriau.com - Satuan Reserse Narkoba Polres Siak, menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dengan berat 6 k

  •