BANNER TDS 2019
  • Home
  • Siak
  • Gelar Budaya Nusantara di Karang Asem, Pemkab Siak Promosi Wisata Sekaligus Persiapan Tuan Rumah Rakernas JKPI 2020
Senin, 27 Mei 2019 11:34:00

Gelar Budaya Nusantara di Karang Asem, Pemkab Siak Promosi Wisata Sekaligus Persiapan Tuan Rumah Rakernas JKPI 2020

SIAK, globalriau.com - Keikutsertaan Kabupaten Siak Iven Gelar Budaya Nusantara 2019 yang akan dilaksanakan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Karangasem Bali pada Bulan Juni mendatang, diharapkan dapat memberikan dampak positif ganda bagi Negeri Istana yang kini menyandang predikat sebagai salah satu Kota Pusaka di Indonesia.



Untuk kesiapan mengikuti kegiatan tersebut, Bupati Siak Alfedri yang juga merupakan salah satu Ketua Dewan Presidium JKPI meminta laporan persiapan dari masing-masing pimpinan OPD untuk mengikuti Iven Gelar Budaya Nusantara tersebut bersempena Rapat Persiapan Festival Pusaka Nusantara dan Rakernas VII JKPI Tahun 2019 di Ruang Rapat Zamrud Komplek Abdi Praja Kediaman Bupati Siak, Senin (27/5/19).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten Pemkesra Budhi Yuwono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lukman, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Herianto, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak Wan Ibrahim, dan Kepala Dinas Pariwisata Fauzi Asni.

Bupati Siak Alfedri menyebut selain memperkenalkan Siak sebagai salah satu destinasi unggulan pariwisata halal di Pulau Sumatera, iven yang dirangkai dengan pelaksanaan Seminar Internasional Kota Pusaka di Pulau Dewata itu, sekaligus juga diharapkan akan menjadi pembelajaran bagi kabupaten Siak yang tengah bersiap menjadi tuan rumah iven nasional serupa pada tahun 2020 yang akan datang.

"Kabupaten Siak sebagai salah satu anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) akan tampil sekaligus mengambil kesempatan Promosi Pariwisata Sejarah dan Budaya Negeri Istana pada iven tersebut" kata Alfedri.

Ia juga menyebut, keikutsertaan dalam kegiatan tahunan itu merupakan wujud komitmen seluruh anggota dan dewan presidium JKPI untuk saling memeriahkan pelaksanaan iven gelar budaya di tiap-tiap kabupaten dan kota anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

"Tahun ini kita ikut serta mempromosikan potensi wisata sejarah dan budaya dari daerah kita, tahun depan InsyaAllah mereka juga komitmen untuk datang dan meramaikan pelaksanaan kegiatan yang sama yang dilaksanakan di Siak Sri Indrapura" jelanya.

Dalam empat kegiatan utama yang akan digelar seperti Pawai Budaya, Festival Keris, Pagelaran Budaya dan Pameran UKM, Alfedri meminta OPD terkait menampilkan berbagai produk-produk unggulan tiap kecamatan, khususnya terkait produk ekraf unggulan dan ragam kesenian dan kebudayaan khas Negeri Istana.

"Demikian juga dalam pawai budaya nanti, saya minta peserta pawai dari Kabupaten Siak memakai seragam pakaian melayu dan bertanjak" pintanya.

Khusus keikutsertaaan Pameran Keris yang memfasilitasi anggota JKPI memamerkan keris pusakanya, Alfedri berharap OPD terkait berkoordinasi jenis keris apa yang akan ikut dipamerkandalam pameran ini.

"Karena keris sudah menjadi pusaka dunia, dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya Dunia, kita juga ingin keris pusaka dari bu Kabupaten Siak juga dapat dikenal masyarakat Indonesia" sebutnya.(jhn)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    40 Anggota DPRD Kabupaten Siak 2019-2024 Dilantik, Bupati Alfedri Ucapkan Tahniah

    Terkait fungsi penganggaran dan pengawasan DPRD, Alfedri juga berharap kedepan hubungan kemitraan Pemkab dan DPRD semakin sinergis, khususnya dalam upaya mempercepat capaian keseja
  • 3 hari lalu

    Masyarakat Siak Dijemput Hadir, Jumat Mendatang Istigosah Bersama Habib Syech dan Dr Mawardi Saleh

    Undangan kegiatan dari panitia pelaksana tersebut disampaikan Sekda T. S. Hamzah saat menghadiri rapat persiapan kegiatan Istighosah Kebangsaan Bersama Komponen Tiga Pilar dan Lapi
  • 4 hari lalu

    Bupati Alfedri Ajak Masyarakat Peringati Tahun Baru Hijriah Dengan Bermuhasabah

    Dalam sambutannya, Alfedri menyebut musibah kebakaran hutan dan lahan ini telah banyak menimbulkan kerugian diberbagai pihak, untuk itu ia menghimbau agar pembakaran hutan dan laha
  • satu minggu lalu

    Bupati Alfedri, Jelang (TDSi) Di Mulai Asap Tidak Muncul, Berharap Turun Hujan

    Menurut Alfedri, sebelum dilakukan pertemuan lengkap bersama PB ISI dan seluruh panitia. Hari ini dirinya meminta masukan dari seluruh OPD yang terlibat di dalam pelaksanaan even
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...