google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
PT BUKARA
  • Home
  • Siak
  • Jalan Amblas di Riau, Truk Tronton Ikut 'Ditelan Bumi'
Minggu, 17 November 2019 14:57:00

Jalan Amblas di Riau, Truk Tronton Ikut 'Ditelan Bumi'

(Chaidir/detikcom)
Truk tronton yang terjebak di jalan amblas di Kabupaten Siak, Riau, kini hilang ditelan bumi.

SIAK, globalriau.com - Balai Jalan Nasional Wilayah II Kementerian PUPR sudah membangun jalan alternatif di sebelah badan jalan nasional yang amblas di Kabupaten Siak, Riau. Namun truk tronton yang terjebak kini sudah hilang ditelan bumi.



"Tim sudah membuat jalan alternatif di sebelah jalan yang amblas di jalan lintas kawasan industri Buton di Siak. Jalan alternatif dibangun di sebelah badan jalan yang amblas," kata Kepala Dinas PU Kabupaten Siak Irving Kahar Simbolon melansir detikcom, Sabtu (16/11/2019).

Irving menjelaskan jalan alternatif menuju kawasan industri tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Jalan alternatif yang dibangun sementara di sebelah yang amblas sepanjang 100 meter.

"Namun jalan ini untuk kendaraan truk hanya diizinkan bermuatan maksimal 25 ton karena, kalau melebihi, badan jalan tidak akan mampu menahan beban," kata Irving.

Untuk kendaraan tronton yang terjebak di badan jalan yang amblas, kata Irving, mungkin tidak bisa dievakuasi lagi. Ini karena seluruh badan truk tronton yang sarat muatan cangkang sawit tenggelam di perut bumi.

"Kami sudah upayakan dengan alat berat ekskavator secara maksimal dengan panjang lengan 7 meter lebih, tidak bisa menyentuh truk tronton di bawah gambut tersebut," kata Irving.

Jadi ada kemungkinan, kata Irving, tronton tersebut masuk ke perut bumi sedalam lebih dari 12 meter. Badan jalan yang amblas tersebut merupakan kawasan gambut yang dulu merupakan alur sungai.

"Sudah kami upayakan dengan ekskavator, namun lengan alat berat panjangnya 7 meter itu tidak bisa menyentuh truk tersebut. Kalau digali, badan jalan tetap amblas lagi karena kawaasan rawa gambut," kata Irving.

Untuk perbaikan jalan nasional yang amblas ini, sambungnya, akan dilakukan pengerjaan pada 2020 setelah dilakukan tender.

"Alat kami tidak memadai untuk mengevakuasi truk yang sudah tertimbun itu. Apalagi di sebelah badan jalan yang amblas ada pipa saluran minyak berjarak 5 meter di bawah badan jalan. Alat berat tidak akan leluasa bergerak jika dilakukan penggalian. Mungkin kalau dilakukan pengerjaan, truk tersebut akan tetap ditimbun," kata Irving.

Sebagaimana diketahui, jalan nasional tersebut amblas pada Rabu (6/11). Truk tronton terjebak di tengah badan jalan yang amblas. Awalnya tanah lumpur hanya menutupi ban truk yang membuat tidak bisa bergerak. Lama kelamaan, truk ini tenggelam ke perut bumi, diperkirakan 12 meter di bawah permukaan tanah.(detik)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Vicon Dengan Kasatgaswil V KPK, Pj Sekda Siak Paparkan Persiapan Penganggaran Penanganan Covid 19

    Diawal sambutannya, Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah V KPK Budi Waluya mengatakan, bahwa KPK saat ini konsen dalam memantau penanganan Covid-19.
  • 2 minggu lalu

    Validasi Data JPS, Sekda Siak Video Conference dengan Sekda Riau

    Rapat ini juga menidaklanjuti terkait Rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara serentak di lima kabupaten/kota di Riau. Untuk mencegah penyebaran Corona vir
  • 2 minggu lalu

    Pemkab Siak Ikuti Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan se-Indonesia

    Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan Indonesia bebas dari COVID-19, sekaligus membangkitkan kepedulian dan rasa kemanusiaan bangsa dalam menghadapi pandemi global ini.
  • 3 minggu lalu

    PDP dan ODP Menurun, Pemkab Siak Ajak Masyarakat Tetap Terapkan Sosial dan Phisycal Distancing

    Budhi dalam kesempatan tersebut menjelaskan data kasus Covid 19 di Kabupaten Siak saat ini mengalami tren positif, dimana kurva kasus penanganan tercatat melandai terkait Orang Dal
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...