google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Siak
  • Lewat Sinergi Pekansikawan, Alfedri Berharap Akselerasi Pembangunan Kian Mantap
Sabtu, 13 Juli 2019 15:26:00

Lewat Sinergi Pekansikawan, Alfedri Berharap Akselerasi Pembangunan Kian Mantap

SIAK, globalriau.com - Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pekansikawan yang tergabung dalam empat daerah yaitu (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) berlangsung di Ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau Jumat (12/7/2019).



Pekansikawan sebenarnya terbentuk sejak 2014 lalu dan hingga saat ini keterikatannya, pekansikawan masih terus terjalin dengan baik seiring berjalannya waktu. Gubernur Riau H Syamsuar secara langsung menyaksikan penandatanganan kesepakatan tersebut antara Pemprov Riau dengan Bupati Siak Alfedri, Bupati Pelalawan HM Harris, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, dan Bupati Kampar diwakili asisten.

Bupati Siak Alfedri mengatakan, dengan adanya kesepakatan bersama pekansikawan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Siak. Hal ini pun selaras dengan sosial budaya, termasuk pariwisata di Siak. Bahkan dari segi pendidikan dan kesehatan sudah berjalan dengan baik.

"Untuk kebudayaan, tahun 2020, InsyaAllah, Kabupaten Siak akan menjadi tuan rumah Festival Budaya Nusantara. Dengan adanya festival ini kita jadikan momentum untuk mempromosikan dan menunjukkan kebudayaan melayu menuju pusat kebudayaan melayu di Indonesia," kata Alfedri.

Siak juga memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan, kata Alfedri Melalui pariwisata bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi dengan adanya wisata halal yang digalakan oleh Pemerintah Provinsi Riau dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Siak.

"Saat saya menghadiri presentasi pada Indonesia Ekspo di Jeddah. Saat itu masyarakat timur tengah tertarik untuk melancong ke Siak, namun yang menjadi kendala belum adanya paket wisata yang membuat wisatawan timur tengah datang ke Riau khususnya daerah pekansikawan," ungkap Alfedri.

Masih dikatakan Alfedri, dalam sektor pertanian dan perkebunan juga mulai berkembang untuk memenuhi kebutuhan di Siak dan daerah sekitarnya. Bahkan untuk infrastruktur juga perlu memdapatkan dukungan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat.

"Sektor infrastruktur, kawasan industri Tanjung Buton KITB juga menjadi prioritas kita agar percepatannya, di dukung baik pemerinta provinsi dan juga pemerintah Pusat. Kita harapkan dengan adanya kesepakatan bersama pekansikawan saling memberikan dukungan," jelas Alfedri.

Pada acara itu, masing masing bupati dan walikota mengharapkan forum ini, tidak hanya sebatas penandatangan saja, melainkan kedepan ada progres yang di harapkan dari keempat daerah yang tergabung dalam pekansikawan.(jhn)

Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Sekda Siak Himbau Seluruh Kalangan Waspadai Narkoba

    Dihadapan para Mahasiswa, Siswa dan Siswi sekolah tingkat SMA maupun SMK, Hamzah menjelaskan untuk di Provinsi Riau dan di Kabupaten Siak, merupakan jalur strategis bagi peredaran
  • kemarin

    Resmikan Launching Kampung Sadar Jaminan Sosial, Bupati Alfedri Apresiasi BPJS

    Dalam sambutannya, Bupati Siak H Alfedri menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah melaunching 4 Kampung Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Siak.
  • kemarin

    BPJS Ketenagakerjaan Resmikan Kampung Laksamana Sebagai Desa Sadar Jamsos 2019

    Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, merupakan inisiatif yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan yang hingga saat ini telah mencakup ratusan desa yang tersebar di seluruh penj
  • 3 hari lalu

    Karnaval Pawai Budaya Peringatan Sumpah Pemuda se Provinsi Riau, Kabupaten Siak Tampilkan Tari Olang-olang Dari Dayun

    Ditemani sang istri Bupati Alfedri mengikuti pawai dari garis keberangkatan di Jalan Sumatera hingga jalan Kartini. Dia berjalan di barisan depan sebelum kendaraan hias berbentuk r
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1045294159295760, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0