google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
PT BUKARA
  • Home
  • Siak
  • Motif Asam Gelubi Juara 1 Festival Batik Siak
Jumat, 11 Oktober 2019 19:22:00

Motif Asam Gelubi Juara 1 Festival Batik Siak

SIAK, globalriau.com - Corak bernama asam Gelubi, boleh didapat dalam rimba, Kalaulah hidup lagi berbudi, bekalan hidup masuk surga'. Demikian filosofi Batik Siak motif Asam Gelubi hasil desainer Muhammad Rizky warga Kampung Rempak Kecamatan Siak.



Karya dari M Rizky tersebut keluar sebagai juara pertama pada lomba desain motif batik Siak, pada Festival Batik Siak yang ditaja beberapa waktu yang lalu oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Siak.

Rizky mengaku sangat bersyukur karena bisa dapat juara satu. ”Yang pasti senang, alhamdulillah” ungkap pria 26 tahun ini, Kamis (10/10/2019).

Lomba desain batik tersebut ia lihat dari instagram explore Siak. Dirinya langsung berfikir untuk coba ikut serta, dan  mulai berfikir motif apa yang cocok untuk design batik Siak.

"Saya coba mengambil option dari sebuah makanan khas dan buah-buahan khas yang ada disekitar rumah." ujar staf RSUD Siak ini.

Pilihannya jatuh pada buah asam gelubi, karena menurut dia pada bagian bawah buah tersebut terdapat corak yang bisa diangkat sebagai motif.
 
Di posisi kedua diraih oleh Habi Maulana dari Simpang Baru, Pekanbaru, dengan tema motif padi. Filosofi Padi semakin berisi semakin merunduk, memberi manfaat kepada sesama, dan pintar beradaptasi.

Dan  juara ke tiga oleh Timotius Victory H dari Kampung Sabak Permai kecamatan Sabak Auh. Motif batiknya berjudul Itik Sekawan, filosofinya menggambarkan tingkah laku itik yang selalu berjalan beriringan, ketika petang hari akan pulang kandang. Tingkah laku beriringan serasi, bersahabat, kompak bersama-sama. Menjadi contoh manusia akan arti kehidupan.

Sementara Ketua Dekranasda Rasidah Alfedri mengatakan desain motif batik yang akan diperbanyak oleh pihaknya akan mendapatkan royalti.

Dirinya berharap batik Siak bisa dikenal banyak orang dan banyak dipakai pada setiap kesempatan.

Diujung acara Ketua Dekranasda Kab Siak Rasidah Alfedri menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Kategori Fashion Desain Juara 1 dengan Motif Bungo Cempaa dari Lubuk Dalam desainer Nurul Arini,  Juara II motif  Tampuk Manggis dari SMK Pariwisata, dan Juara III motif Bunga Cempaka dipandu dengan dengan Pucuk Rebung dari SMK Pariwisata

Untuk  Kategori Mewarnai batik tingkat SMA juara 1 dari SMAN 2 Siak, juara 2 dari SMA Islamic, dan juara 3 dari SMAN 2 Siak.(jhn)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    UPDATE COVID-19 di Kabupaten Siak 27 Mei 2020

    Menambah penjelasan dari Asisten I Setda Kabupaten Siak, Kadis Kesehatan Toni Candra mengatakan bahwa untuk pasien positif Covid-19 di Kabupaten Siak sedang dirawat di RSUD Tengku
  • 2 minggu lalu

    Vicon Dengan Kasatgaswil V KPK, Pj Sekda Siak Paparkan Persiapan Penganggaran Penanganan Covid 19

    Diawal sambutannya, Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah V KPK Budi Waluya mengatakan, bahwa KPK saat ini konsen dalam memantau penanganan Covid-19.
  • 2 minggu lalu

    Validasi Data JPS, Sekda Siak Video Conference dengan Sekda Riau

    Rapat ini juga menidaklanjuti terkait Rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara serentak di lima kabupaten/kota di Riau. Untuk mencegah penyebaran Corona vir
  • 2 minggu lalu

    Pemkab Siak Ikuti Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan se-Indonesia

    Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan Indonesia bebas dari COVID-19, sekaligus membangkitkan kepedulian dan rasa kemanusiaan bangsa dalam menghadapi pandemi global ini.
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...