google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Siak
  • Peresmian Obyek Wisata Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman Dusun Pusako Siak
Jumat, 01 Januari 2021 16:44:00

Peresmian Obyek Wisata Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman Dusun Pusako Siak

SIAK, globalriau.com - Bupati Siak diwakili Asisten II Setda Kabupaten Siak Hendrisan didampingi Anggota DPRD  Kabupaten Siak Zulfaini Adrian,serta Kepala Dusun Dosan Zamri meresmikan taman hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman yang berada di Dusun Dosan Kecamatan Pusako,Kabupaten Siak.Selasa (29/12/2020) siang.



Dalam sambutannya Hendrisan menyampaikan apresiasi atas terbangunnya Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman.Menurutnya apresiasi ia sampaikan sebagai penghargaan atas upaya bersama masyarakat Dusun Dosan dalam membangun destinasi wisata baru ini.

"Saya atas nama pribadi,dan mewakili Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan apresiasi kepada pak Zamri selaku Kepala Kampung beserta semua tokoh dan masyarakat Dusun Dosan yang telah berinisiasi dengan cara gotong-royong mmbangun destinasi wisata baru Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini", sebutnya.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan itu juga menyampaikan pentingnya peran pemerintahan di tingkat kampung dalam mendorong terbangunnya kawasan-kawasan wisata baru sebagai upaya bersama membangun peningkatan perekonomian masyarakat kampung.

"Peran dari pemerintahan kampung sangat vital dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di tingkat kampung itu sendiri.Apalagi saat ini kita masih dalam suasana pandemi maka sangat dibutuhkan kreatifitas maupun inovasi dan terobosan baru meningkatkan perekonomian masyarakat,salah satunya melalui terbangunnya wisata taman hijau ini", jelasnya.

Ia lantas berharap,agar melalui wisata baru ini,masyarakat Dusun Dosan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Dalam membangun destinasi wisata baru setidaknya mencakup tiga faktor,yakni Aksi yang berarti menampilkan pesona alam.Kemudian Akses yang berarti terbangunnya akses transportasi,serta Amenisi atau fasilitas apa yang di tawarkan.Saya melihat prosoek wisata hijau Khalifah Sulaiman ini sangat menjanjikan dimana Aksi,Akses,dan Amenisi sudah tersedia dengan baik.Semoga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan perekonimian seperti memasarkan produk UMKM", harapnya.

Dalam kesempatan ini,Hendrisan juga menyampaikan terkait program dan kebijakan baru yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah salah satunya ialah program satu keluarga kurang mampu satu sarjana.

"Dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan terkait RPJMD Kabupaten Siak setelah Pilkada 2020 usai,salah satunya program satu keluarga kurang mampu satu sarjana.Maka saya harap bapak penghulu bersama jajaran untuk segera mendata keluarga kurang mampu yang memiliki anak lulus SMA sederajat.Nantinya oleh Pemerintah Kabupaten akan dibiayai kuliah hingga sarjana.Jadi selain kita meningkatkan  perekonomian melalui pembangunan wisata baru juga mari kita berupaya bersama meningkatkan SDM unggul hingga ke pelosok", pungkasnya.

Sebelumnya,Kepala Dusun Dosan Zamri menyampaikan bahwa pembangunan kawasan wisata hijau ini bermula dari kegiatan normalisasi sungai,yang kemudian timbul ide dan gagasan untuk membangun obyek wisata air dan taman.

"Dapat saya sampaikan kepada bapak Asisten bahwa pembangunan  destinasi wisata di sungai Penampo Kecik ini berawal dari kegiatan normalisasi sungai yang kami laksanakan bersama masyarakat.Setelah itu timbullah ide dan gagasan kami bersama untuk membangun obyek wisata baru tepatnya wisata air dan juga taman", ucapnya.

Zamri juga menyampaikan bahwa pembangunan wisata hijau ini dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat dan di dukung oleh PT.Arara Abadi.

"Dalam waktu kurang lebih satu bulan kami secara gotong royong membangun wisata hijau ini dan alhamdulillah pihak perusahaan PT.Arara Abadi juga sangat membantu sehingga pada hari ini dapat diresmikan oleh Pak Bupati melalui Bapak Asisten II", terangnya.

Zamri juga menjelaskan obyek wisata baru yang ia bangun diberi nama Khalifah Sulaiman,menurutnya,hal ini untuk mengenang  Khakifah Sulaiman yang telah berjasa membangun Dusun Pusako.

"Kita beri nama Taman Hijau Sei Penampo Kecik, Khalifah Sulaiman karena Khalifah Sulaiman merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam pendirian Kampung Dosan ini", jelasnya.

Zamri lantas menyampaikan harapannya kepada pemerintah Kabupaten untuk dapat mendukung peningkatan sarana prasarana yang nantinya bisa menjadikan Obyek Wisata Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman menjadi salahsatu wisata unggulan di Kabupaten Siak.

Lebih lanjut Ia mengatakan pembangunan wisata hijau ini sebagai komitmen Pemerintah Kampung Dosan dalam mendukung setidaknya dua program dari Pemerintah Kabupaten yakni program Siak Hijau dan Program Reaktivasi Pariwisata Domestik di Kabupaten Siak.

"Tentunya kami berharap agar nantinya Bapak Asisten II dapat membantu kami dalam peningkatan sarana prasarana sebab kami berencana akan membangun Balai Kesenian di kawasan ini, hingga harapan kita semua agar wisata hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman dapat menjelma menjadi salah satu obyek pariwisata unggulan di Kabupaten Siak dengan didukung kesenian daerah didalamnya", pungkas Zamri.

Hadir dalam giat ini, Wakil Bupati Siak terpilih 2020-2025 H.Husni Merza.BBA.MM, mantan anggota DPRD Kabupaten Siak yang juga mantan Bakal Calon Wakil Bupati Siak Sujarwo, Upika Kecamatan Pusako, Bhabinsa dan Bhabinkhamtibmas Dusun Pusako, serta tokoh beserta masyarakat Dusun Pusako.(jhn/rls)

Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Donnie Yen appointed as International Image Ambassador of Hong Kong Fire Services Department

    In the ceremonial proceedings, Mr Yen said he was honoured to serve as the International Image Ambassador of the HKFSD. He shared some anecdotes from the filming of the Fire Servic
  • kemarin

    Bears in the air: DHL flies two Himalayan brown bears to their new homes

    The freight forwarding specialist of Deutsche Post DHL Group managed the logistics of flying the animals, while veterinary specialists from FOUR PAWS, who accompanied them on the s
  • kemarin

    South Korean Startup bitsensing Introduces the Smallest Radar for a Health Monitoring System at CES 2021

    The advanced mini-H sensor attaches to the wall and can detect, in real-time, presence, movement, breathing or lack there-of, and falls by measuring breathing patterns and pulsatin
  • kemarin

    CUHK Business School Research Finds People Adapt and Grow More Conscientious When Promoted to Supervisory Roles at Work

    They tested their ideas in two studies using publicly available U.S. and Australian databases, which compared the personality development of individuals at different stages over le
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...