google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
COVID-19
  • Home
  • Siak
  • Siskohat Siak Diluncurkan, Kini Mendaftar Haji Semakin Mudah
Kamis, 11 Februari 2021 18:59:00

Siskohat Siak Diluncurkan, Kini Mendaftar Haji Semakin Mudah

SIAK, globalriau.com - Bupati Siak Alfedri Meluncurkan Layanan Siskohat Mobile (Pendaftaran Haji Keliling), merupakan salah satu inovasi baru yang digagas Kantor Kementerian Agama Siak, dan peluncuran ini menjadi yang kedua se Indonesia setelah Musi Banyuasin.



Peluncuran layanan Siskohat Mobile berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Kamis (4/2/21). Di hadiri Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin, Wakil Bupati Siak Husni Mirza, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se Provinsi Riau, Kepala Dinas Kesehatan Siak Toni Chandra, Pimpinan Perbankan, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan atas inovasi yang sudah dilakukan pihak Kemenag Siak, dalam memudahkan para Calon Jemaah Haji (CJH) melakukan pendaftaran Haji dengan sistem jemput ke lapangan.

"Pelayanan haji keliling ini tentu akan sangat membantu para Calon Jemaah Haji yang ingin melakukan registrasi pendaftaran, tidak mesti datang ke Siak melainkan di kecamatan masing-masing. Petugas dari Kemenag akan datang langsung ke rumah atau ke kecamatan warga yang ingin mendaftar, " sebut Alfedri.

Tentunya, lanjut Alfedri, inovasi yang dilakukan hari ini adalah termasuk dari lima nilai budaya kerja kementerian agama, yang mana diantaranya adalah Integritas, Profesional, Inovasi, Terpercaya dan Keteladanan.

"Kami atas nama pemerintah Kabupaten Siak, dengan atas inisiatif yang dilakukan kemenag bersama kawan-kawan terkait inovasi ini, tentu sangat kami dukung. Mudah-mudahan akan terlahir inovasi-inovasi berikutnya di masa yang akan datang" ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Riau Mahyudin mengatakan Inovasi yang di buat oleh Kemenag Siak ini patut di jadikan contoh bagi Kemenag Kab/Kota lain di Provinsi Riau.

"Apa yang sudah dilakukan kantor Kemenag Siak ini perlu kita dukung bersama, bahkan perlu kita sosialisasikan bersama. Sehingga pendaftaran kelililng haji ini nanti akan bisa berjalan dengan baik" ujarnya.

Tentu ini semua tidak terlepas dari peran kepala KUA yang ada di kecamatan untuk menyampaikan kepada jemaah, "bahwa yang ingin mendaftarkan diri menjadi CJH tidak perlu lagi datang ke Kemenag Siak, banyak penghematan yang bisa dilakukan" tambahnya.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Muharom mengatakan, selama ini Kantor Kemenag Siak melaksanakan pendaftaran haji secara terpadu satu atap. Dimana atas kerjasama dengan bank BPbS pelayanan haji itu hanya pindah pintu saja, dan ini sudah dilaksanakan dari tahun 2016.

"Dan hari ini kita akan mengembangkan lagi menjadi pelayanan haji untuk keliling (Siskohat Mobile), konsep Siskohat Mobile ini adalah dimana daerah yang terjauh yaitu kecamatan Kandis, Tualang dan Minas, menjadi prioritas untuk pelayanan haji keliling dengan menggunakan sistem siskohat mobile" sebutnya.

Lebih lanjut Muharom menyampaikan, Kemenag Siak sudah memiliki IP (Internet Porotokol) untuk izin dari pusat mengenai siskohat mobile ini. Dan untuk diketahui, Inovasi Siskohat Mobile ini merupakan salah satu dari 13 program atau inovasi yang sudah dibuat oleh Kemenag Siak.

"Siskohat Mobile yang diluncurkan hari ini merupakan program Kemenag Siak yang ke 12, kemudian kita juga sudah punya program ke 13. Dan kemarin sudah tanda tangan MOU antara Pemkab Siak, Kemenag dan Disdukcapil, namun setelah di launching ini di adopsi oleh Kemenag RI" pungkasnya.(rls/jhn)

Share
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Kepala Balai Besar Dirjen Bina Pemdes Kunker ke Siak

    Kedatangan Kapala Balai Besar Regional Sumatera tersebut, disambut langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Budhi Yuwono, Camat Dayun Novendra Kasmara, Penghulu Kampung Dayun N
  • satu minggu lalu

    Pemkab Gelar Pisah Sambut Kejari Siak

    Dalam sambutannya Dharmabella Tymbasz sebelum nya menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ketapang prov Kalimantan barat pria kelahiran Jakarta 26 Maret 1970 yang memiliki hobby
  • 3 minggu lalu

    Bupati Alfedri dan Istri Bersepeda Santai Hingga ke Kampung Merangkai

    Hal ini berkenaan dengan imbauan Bupati Siak pada hari kamis mengajak pegawai dan honorer untuk bersepeda sehat, sebagai pengganti senam pagi bersama.
  • 3 minggu lalu

    Tengku Buwang Asmara Tengah Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

    Ditambahkannya,untuk mempercepat proses pengusulan gelar pahlawan tersebut,perlu segera di bentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang terdiri dari unsur pimpinan da
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...