• Home
  • Siak
  • Tanam 1000 Bibit Mangrove, Dukung Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS)
Rabu, 10 Juli 2019 21:44:00

Tanam 1000 Bibit Mangrove, Dukung Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS)

SIAK, globalriau.com - Kawasan Wisata Mangrove Sungai Bersejarah di Kampung Kayu Ara Permai di diresmikan untuk publik, sebagai bentuk dukungan dan komitmen dalam mendukung serta mensukseskan Gerakan Nasional Peduli Mangrove, disamping upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS).



Hal tersebut di katakan Sekretaris Daerah  Kabupaten Siak Tengku Said Hamzah saat memberikan kata sambutan pada wacara Penanaman Mangrove dan Launching Wisata Mangrove Sungai bersejarah kampung Kayu Ara Permai, selasa (09/07/2019).

Sekda Siak juga mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan gerakan Kampung Hijau Sejahtera dikawasan wisata mangrove Sungai Bersejarah Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit.

"Kita semua sangat mendukung gerakan nasional peduli mangrove, disamping upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS), karena di ketahui setiap tahunnya abarasi terus meningkat,"ungkapnya.

Lanjutnya, Sebagaimana yang telah menjadi kekhawatiran kita semua sejak lama, bahwa proses abrasi yang terjadi dikawasan pesisir merupakan momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar masyarakat yang bermukim dikawasan berbatasan langsung dengan selat dan laut.

"Abrasi yang terjadi dikawasan pesisir merupakan momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar masyarakat yang bermukim dikawasan berbatasan langsung dengan selat dan laut. Demikian pula yang terjadi didaerah kita, khususnya di sepajang kawasan pantai Kampung Kayu Ara Permai ini. Akibat gelombang pasang yang kerap terjadi, abrasi yang mengikis pesisir pantai dikawasan ini diperkirakan mencapai 5-15 meter tiap tahunnya,"ungkapnya.

Masih katanya, Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi, dan biasanya didominasi dengan tumbuhan berkayu yang tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis. Tanaman Mangrove yang kita tanam InsyaAllah akan tumbuh berjajar, menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan apresiasi kepada kita semua yang turut hadir pada hari ini, yang telah tulus ikhlas bersama-sama melaksanakan salah satu usaha mitigasi bencana, dengan mengembalikan habitat yang rusak dengan mengembalikan habitan tanaman mangrove seperti sedia kala,"tutupnya.

Kegitaan Penanaman Mangrove dan Launching Wisata Mangrove Sungai bersejarah kampung Kayu Ara Permai Ini, merupakan aksi nyata dan hasil kerjasama para pihak terkait yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan gerakan  nasional peduli manggrov, pemulihan DAS dan Kampung Hijrah di wilayah Provinsi Riau.
Aksi ini di ikuti penanaman 1000 batang bibit manggrov dari total keseluruhan yang sudah di tanam sebanyak 5000 bantang. Adapun jenis yang di tanam adalah api-api, bakau, lengadai

Pada acara itu juga panitia membagikan bibit produktif sebanyak 500 batang bibit kepada masyarakat di kampung Kayu Ara permai, dengan jenis lengkeng, diamond, durian tembaga, jambu BOl, jabu madu dan jambu Kristal.

Acara tersebut di hadiri oleh Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Riau Hj Misnarni Samsuar, Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Tri Esti Indrarwati, serta ratusan masyarakat Kampung Kayu Ara Sungai Apit.(jhn)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Berlangsung Semarak, Bupati Alfedri Lepas Pawai Taaruf MTQ di Sungai Apit

    Prosesi pelepasan pawai ta'ruf ditandai seremonial pelepasan balon udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupat
  • 2 hari lalu

    62 Dewan Hakim MTQ di Kukuhkan Bupati Siak

    Sebelumnya Bupati Siak Alfedri mengukuhkan para dewan hakim, majelis hakim, hakim lampu dan panitera yang akan bertugas memberikan penilaian terhadap peserta MTQ.
  • 2 hari lalu

    PT Pelindo Ekspose Rencana Pengembangan Pelabuhan Perawang

    Turut hadir dalam rapat ekspose tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Arif Fadillah, General Manager PT Pelindo Cabang Pekanbaru I Wayan Wirawan dan perwakilan Dinas Perhubungan Provi
  • 2 hari lalu

    24 JCH Kampung Sri Gading Siak di Tepuk Tepung Tawari

    Sementara itu Camat Lubuk Dalam T.Indra Putra mengatakan, tahun ini sebanyak 24 orang JCH diberangkatkan dari Kampung Sri Gading Kecamatan Lubuk Dalam.
  • Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...