google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Siak
  • Tim Kukerta Kecamatan Tualang Olah Limbah Rumah Tangga jadi Barang Bermanfaat
Selasa, 04 Agustus 2020 13:54:00

Tim Kukerta Kecamatan Tualang Olah Limbah Rumah Tangga jadi Barang Bermanfaat

SIAK, globalriau.com - Senin, (01/08/2020) Tim kukerta Balek Kampung Universitas Riau Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang mengolah limbah rumah tangga menjadi barang yang berguna.



Kegiatan pengolahan limbah rumah tangga merupakan bagian dari program kerja utama Tim Kukerta Universitas Riau Kampung Pinang Sebatang yakni “Pemeliharaan Lingkungan”. Pengolahan limbah rumah tangga difokuskan kepada pembuatan pupuk yang berbentuk cair.

Tim Kukerta Universitas Riau Kampung Pinang Sebatang membuat dua jenis pupuk cair. Pupuk cair pertama berkomposisi: sampah rumah tangga (Dapat berupa sayur-sayuran bekas, kulit bawang, dan lain-lain) kemudian dicampurkan dengan air, gula, dan Em4 (Dapat dibeli di toko-toko pertanian). Pupuk cair kedua hanya menggunakan air cucian beras, gula, dan Em4. Kedua pupuk dimasukkan ke dalam wadah yang berbeda yang telah disediakan kemudian ditutup rapat selama 2 (Dua) minggu. Setelah dua minggu, pupuk siap untuk digunakan.

Koordinator kegiatan pengolahan limbah rumah tangga Fidiyah mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengolah sampah-sampah yang nantinya akan menjadi barang yang bermanfaat seperti pupuk yang sangat berguna bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk memupuk tanaman seperti bunga, sayuran yang ditanam, dan lain-lain sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk yang bersifat kimia.

“Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pengolahan limbah rumah tangga salah satu diantaranya adalah untuk mengolah dan menjaga lingkungan sekaligus memanfaatkaannya menjadi barang yang lebih bermanfaat," ujar Ridwan selaku ketua Tim Kukerta Universitas Riau Balek Kampung, Kampung Pinang Sebatang.(rls)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 14 jam lalu

    Wujudkan UMKM Handal, Hendri Sandra Targetkan 1 Kelurahan 1 Rumah Krearif

    Wacana itu tidak sekedar wacana, namun sudah beliau wujudkan kepada beberapa UKM yang kini ada di masyarakat. Namun, pasangan yang menggunakan slogan HANDAL tersebut menemukan pers
  • 2 hari lalu

    Kabid Alkal Dinas PU Dumai Pantau Banjir Rob di Kota Dumai

    Tidak hanya itu, sejumlah ruas jalan raya yang ramai dilalui pengendara pun ikut digenangi air, sehingga pengguna jalan berbalik arah.
  • 3 hari lalu

    Jonathan Surbakti Nahkodai SMSI Rohil

    Penunjukan tersebut berdasarkan Surat Mandat No. 04/SM/SMSI/Riau/IX/2020 tertanggal 14 September 2020 yang diterima Jonathan di Pekanbaru.
  • 3 hari lalu

    Berkesan, Puncak LKTJ dan Video SKK Migas Dilakukan Secara Virtual

    Pjs Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri mengapresiasi para pemenang lomba dan seluruh wartawan Riau yang telah ikut berkontribusi dalam kompetisi ini. Dirinya berh
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...