google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Home
  • Siak
  • Tingkatkan Sinergitas dan Koordinasi Program Kebijakan, Pemkab Siak Gelar Rakor Dewan Ketahanan Pangan
Selasa, 10 Desember 2019 20:50:00

Tingkatkan Sinergitas dan Koordinasi Program Kebijakan, Pemkab Siak Gelar Rakor Dewan Ketahanan Pangan

SIAK, globalriau.com - Pembangunan ketahanan pangan memerlukan penanganan yang integral, holistik dan saling bersinergi antar sektor dan sub sektor dan juga antar wilyah. Oleh sebab itu, pembangunan ketahanan pangan perlu dilakukan secara berkelanjutan dalam menyatukan persepsi dan kesatuan gerak langkah pembangunan.



Hal tersebut di sampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Siak Saut Napitupulu, saat membuka acara Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Siak Tahun 2019, di Kantor Sekretariat Daerah Siak Sri Indrapura, Selasa (10/11/19).

Hadir pada acara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak Syahrial, Kepala UPT Pengawasan Keamanan Mutu Pangan DKP Prov Riau Ardi, para Pimpinan OPD terkait, beserta staf dilingkungan Pemkab Siak.

"Target capaian pembangunan ketahanan pangan dapat diukur dari penurunan penduduk rawan pangan, Sektor PPH ketersedianan, Harga Gabah kering panen GKP, Koefisien variasi pangan ditingkat konsumsi, meliputi beras, cabe merah, dan bawang merah,"kata Saut.

Selain itu kata dia, untuk  konsumsi energi perkapita, konsumsi protein hewani, Sktor PPH konsumsi peningkatan diversifikasi pangan, rasio konsumsi pangan lokal non beras, peningkatan produksi pangan segar yang tersertifikasi dan tingkat keamanan pangan segar.

"Ketahanan pangan cakupannya sangat  kompleks. Karena itu, penanganannya harus dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan baik itu dari sektor pertanian, perikanan, perdagangan, dan dinas perkait,"ungkapnya.

Mengingat dimensi pembangunan ketahanan pangan yang luas dengan mencakup  aspek yang sangat luas kata dia, diperlukan adanya koordinasi dari berbagai kepentingan serta gerak langkah dari berbagai pihak terkait.

Dalam mengimplementasikan amanat undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, pemerintah Indonesia telah berupaya keras dalam berbagai sektor pembangunan pertanian, peternakan, perkebunan kesehatan, kependudukan, pengelolaan lingkungan hidup yang semuanya bermuara pada terwujudnya visi dan misi Kabupaten Siak.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak menyerahkan, Sertifikat Beras Siak Kota Istana kepada Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mulya Tani. Nama beras Kota Istana tersebut sudah mendapat hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, sebagai nama produk beras lokal yang berasal dari Kabupaten Siak,(jhn)

Share
loading...
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Rakor Pendamping Desa Se-Kabupaten Siak, Alfedri Harapkan Sinkronisasi

    Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Siak Drs.H.Alfedri,M.Si didampingi Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Siak Budhi Yuwono.
  • 7 hari lalu

    Bupati Siak Dampingi Bank Riau Kepri Serahkan Bantuan Pembangunan Pondok Pesantren MI Lil Muqorrabin

    Bantuan yang diserahkan tersebut berupa Bahan Material sejumlah 50 Juta Rupiah yang diperuntukkan Pembangunan Masjid Ruhul Islam Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Lilmuqorrobi
  • satu minggu lalu

    Pemkab Siak Ekspose Rencana Pembangunan Unit Air Baku

    Dalam sambutannya Kepala Balai PPW Riau menyampaikan selain mendengarkan pembahasan Pemkab Siak terkait rencana pembangunan unit air baku dan IPA KITB, pertemuan ini juga merupakan
  • 7 hari lalu

    Siak Sukses Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut

    Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersempena pelaksanaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 di
  • Komentar
    Copyright © 2020 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...