google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
COVID-19
  • Home
  • Dumai
  • Posko Penyekatan Mudik Lebaran di Dumai Berjalan Lancar
Sabtu, 08 Mei 2021 01:31:00

Posko Penyekatan Mudik Lebaran di Dumai Berjalan Lancar

Dok.
Posko Penyekatan larangan mudik lebaran di Kota Dumai.

DUMAI, globalriau.com - Meneruskan pelarangan mudik untuk lokal dan antar Provinsi, pemerintah Kota Dumai bersama kepolisian mulai berlakukan penutupan jalan bagi pemudik di jalur lintas.

Sejumlah posko penyekatan pemudik tampak sudah mulai beroperasi sejak 29 April 2021 kemarin, dan mulai melakukan penindakan sejak 6 Mei 2021 ssuai edaran pemerintah.



Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Sebelumnya, pemerintah juga menerbitkan addendum yang mengatur aturan perjalanan yang dimulai 22 April hingga 24 Mei 2021.

Tujuan pemerintah melarang mudik yakni sebagai upaya dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 yang hingga detik ini masih cukup tinggi.

Dari pantauan wartawan di posko penyekatan sudah di mulai sejak tiga hari yang lalutepatnya 04 Mei 2021.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, pihak aparat yang berjaga di bagi menjadi dua kelompok yang pertama dari jam 08.00- 20:00 dan yang kedua 20:00-08:00 WIB.

Hingga Jumat (08/05/2021) proses penyekatan di posko Bukit Timah masih lancar dan aman, semua warga mematuhi himbauan pemerintah untuk tidak mudik.

"Selama 3 hari ini kita belum ada menjumpai pemudik yang terjaring di sini," ujar salah seorang petugas penyekatan Hermaini kepada wartawan.

Pihaknya lanjut Hermaini berjaga sangat teliti dan memastikan pemeriksaan secara rinci kendaraan-kendaraan yang ingin keluar dan masuk.



"Kita betul-betul melihat dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mau masuk salah satunya mobil box kita akan meminta untuk di perlihatkan apa isi di dalam box ini apakah seperti yang ia katakan," ujarnya.

Namun jika nantinya petugas penyekatan mudik menemukan pengendara yang tidak jelas asal-usulnya darimana, tambah Hermaini maka pihaknya akan langsung mengarahkan untuk memutar balik.

"Kita akan mengarahkan mereka untuk memutar balik secara humanis," tuturnya.

Meski diberlakukan pelarangan mudik namun penyekatan ini masih di beri kelonggaran apabila ada kepentingan yang mendesak dengan catatan sudah melengkapi identitas dan persyaratan yang berlaku.

"Pemudik juga masih diberi kelonggaran apabila ada kepentingan yang wajib di selesaikan seperti pekerjaan atau ada orang tuanya yang sedang sakit dengan catatan sudah melengkapi semua persyaratannya seperti swab tes maupun rapid test," jelasnya.

Terpisah, kapolres Dumai AKBP Andri Ananta menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan yang di buat oleh pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada lebaran Idul Fitri 1442 hijriyah ini.

"Untuk seluruh masyarakat terutama warga Dumai yang ingin mudik ditengah pandemi yang sedang berlangsung saat ini ikutilah aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Jika merasa kangen dengan keluarga serta kerabat dekat dan tetap menjalin tali silahturahmi maka sebainya lakukanlah dengan cara virtual saja,'' himbaunya.

Kapolres menambahkan untuk membantu penjagaan posko dan keamanannya diturunkan beberapa personil dari kepolisian.

"Demi menjaga keamanan dan kelancaraaan posko dibantu oleh tim gabungan diantaranya dari TNI, Polres, Dinas Kesehatan, BPBD dan Dishub,'' jelas Andri.(fik/iiL)

Share
Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    Persiapkan Diri untuk Dapat Beasiswa di Luar Negeri Bersama EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

    EF Adults salah satu rekomendasi terbaik untuk kamu bisa mendapatkan pendidikan bahasa inggris yang baik karena sudah teruji dan mendapatkan nama besar di beberapa negara maju.
  • 6 jam lalu

    Technology, Manufacturing, and Banking and Finance were Threat Actors' Top Targeted Sectors in Asia Pacific in 2020: Ensign InfoSecurity Report

    Threat actors frequently target technology service providers with these two malware families due to their capabilities to download more malware into the infected systems. Both Emot
  • 6 jam lalu

    Video Musik "You Gotta Be" Tayang Perdana Secara Online Hari Ini

    Video musik True Colors dilengkapi dengan Teks Tertutup (untuk Tunarungu) & Deskripsi Audio (untuk Tunanetra), dan Transkrip video yang menyertainya (untuk Tunanetra sekaligus Tuna
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f