google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Inhil
  • PNS Inhil Harus Jadikan Sikap Disiplin sebagai Budaya
Selasa, 29 Desember 2015 20:22:00

PNS Inhil Harus Jadikan Sikap Disiplin sebagai Budaya

Pemkab Inhil Raih Penghargaan KPA Terbaik se Sumatera.
TEMBILAHAN- Bupati Inhil (Indragiri Hilir), Riau menegaskan bahwa setiap PNS (Pegawai Negeri Sipil) harus memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Dimana, PNS harus menjadikan sikap disiplin sebagai budaya. Hal itu, dikatakan Bupati sesuai Ini dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010.
 
''Dengan disiplin akan terwujud keberhasilan Pemerintahan Daerah. PNS juga dituntut untuk dapat menunjukkan sikap dan perilaku yang patut diteladani di tengah-tengah pergaulan masyarakat,'' cetus Bupati saat mengambil sumpah 70 CPNS yang diangkat menjadi PNS belum lama ini.
 
Tidak hanya dalam Peraturan Pemerintah, sebagaimana juga diatur dalam Pasal 66 ayat (1) Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan Bupati bahwa setiap CPNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah atau janji.
 
Yang mana, sumpah atau janji itu pada dasarnya diambil dalam usaha membina PNS yang bersih, jujur, adil dan profesional serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur Negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menyelenggarakan tugas negara, pemerintahan dan pembangunan.
 
Dalam dimensi sumpah atau janji PNS itu, dijelaskan mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau itu terdapat dua hubungan yang saling bertautan, yakni hubungan secara vertikal antara manusia dengan Tuhannya serta hubungan horizontal antara manusia dengan masyarakat dan bangsa.
 
''Agar tiap PNS yang sudah diambil sumpahnya dapat benar-benar mengingat sumpah tersebut yang kelak harus dipertanggungg jawabkan, tidak saja ke hadapan manusia, tetapi yang utama ke hadapan Tuhan,'' tambah Bupati.
 
Sumpah adalah bentuk pernyataan atas kesanggupan untuk mentaati keharusan atau untuk tidak melakukan larangan yang telah ditentukan, dan diikrarkan dihadapan atasan yang berwenang, menurut agama dan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 
''PNS harus mampu menempatkan posisinya sebagai seorang aparatur pemerintah dan abdi masyarakat baik di lingkungan kerja maupun ditengah-tengah masyarakat,'' tukas HM Wardan.(adv/hms)
 
Share
Berita Terkait
  • 5 tahun lalu

    DPRD: Masyarakat Inhil Perlu Solusi Penanganan Kesehatan Cepat

    Anggota DPRD Inhil, H Andi Rusli menilai, jika Jamkesda tidak diberlakukan lagi pada tahun 2017 ini, maka akan menjadi pukulan telak bagi masyarakat miskin.
  • 6 tahun lalu

    Plt Sekda Inhil Buka Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

    Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Fauzar membuka Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 dan Sosialisasi IPM (Indeks Pembangunan Manusia ) Metode Baru, Jum'at (18/12).
  • 6 tahun lalu

    Warga Inhil Minta Mesin Damkar & Perbaikan Jerambah

    Warga Tembilahan Hilir Minta Pengadaan Mesin Pemadam Kebakaran dan Perbaikan Jerambah pada anggota DPRD Inhil Iwan Taruna yang melakukan reses ke daerah itu.
  • 6 tahun lalu

    Kerajinan Pandan Inhil Didorong Bersaing di Asia

    Plt Gubri Arsyadjuliandi Rahman menyatakan kerajinan pandan khas Inhil mampu menembus dan bersaing di pasar Asia. Untuk itu, akan diikutsertakan di ajang pameran di Vietnam.
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f