google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Ayo Vaksin
  • Home
  • Siak
  • Bimtek Pengawasan Kearsipan Sebagai Upaya Pemkab Siak Menjaga Mutu Dan Keselamatan Arsip Daerah
Selasa, 08 Juni 2021 18:03:00

Bimtek Pengawasan Kearsipan Sebagai Upaya Pemkab Siak Menjaga Mutu Dan Keselamatan Arsip Daerah

SIAK, globalriau.com - Sebagai sebuah Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak terus berupaya untuk menjaga tertib arsip baik di lingkup pencipta arsip maupun pengelola, dan pengguna arsip di Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, maupun tertib arsip di LKD itu sendiri.

Hal itu di tandai dengan palaksanaan Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Dinamis Kewenangan Kabupaten/Kota dan Sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB No.01 Tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019, yang dilaksanakan hari ini, Selasa (08/06/2021) di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Lt.II Kantor Bupati Siak.



Giat tersebut di buka oleh Bupati Siak melalui Asisten Adminiatrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin."Arsip merupakan sumber acuan organisasi, keberadaan arsip di sebuah organisasi merupakan  tulang punggung manajemen organisasi. Untuk itu arsip harus kita kita jaga kelestariannya", sebut Jamaluddin dalam sambutannya.

Menurutnya, penyelamatan arsip wajib di lakukan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan program dan kegiatan.

"Penyelamatan arsip ini penting,sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban pelaksanaan program pembangunan daerah. Penyelamatan arsip juga sekaligus sebagai identitas dan memori kolektif bangsa", jelasnya.

Ia berharap, melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut, pengawasan kearsipan dapat berjalan dengan baik, sehingga mutu dan keselamatan arsip terjaga sebagai pendukung kebijakan daerah.

"Saya berharap, melalui Bimbingan Teknis pengawasan kearsipan dan sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB No 01 Tahun 2020 ini, maka pengawasan terhadap kearsipan dapat berjalan dengan baik, sehingga mutu dan keselamatan arsip kita dapat kita jaga. Hal ini tentunya berperan penting dalam mendukung program pembangunan daerah Kabupaten Siak yang kita cintai ini", harapnya.

Jamaluddin lantas berpesan kepada seluruh peserta Bimbingan Teknis agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, sebab menurutnya, peserta Bimtek merupakan tulang punggung organisasi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak Muhammad Arifin saat menyampaikan laporannya mengatakan bahwa, pelaksanaan Bimtek tersebut sebagai komitmen pihaknya untuk terus menjaga tertib arsip sebagai bagian integral dari setiap program dan kegiatan yang di laksanakan.

"Instrumen Pengawasan merupakan cara baru dalam membina pengelolaan Kearsipan, untuk itu kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan. Kegiatan ini sangat penting bagi tata kelola arsip, sebab arsip merupakan bagian terpenting dari setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan", sebut Arifin.

Giat ini juga di hadiri oleh Kepala Organisasi Petangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, serta diikuti oleh peserta perwakilan dari masing-masing OPD.(jhn/infotorial)

Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Bupati dan Kapolres Siak dan Turun Gunung Pantau Penerapan PPKM di Tualang

    Alfedri menambahkan, untuk menekan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Siak, harus ada kerjasama dari semua pihak termasuk masyarakat.
  • 5 hari lalu

    Beri Dukungan, Bupati Alfedri Kunjungi Warga Isoman di Tualang

    Ketika menerima kunjungan itu, ananda Aurora tetap berada di dalam rumah, kemudian Bupati Alfedri memberikan semangat dan bantuan.
  • 2 hari lalu

    Bupati Alfedri Luncurkan Bantuan Beras PPKM 2021

    Bupati Alfedri meminta kepada tenaga pendamping PKH di kecamatan maupun tenaga kerja sosial kecamatan untuk membantu menyalurkan bansos tersebut hingga tepat sasaran dan tepat adm
  • 3 hari lalu

    Setelah Lantik Pengurus IPMKS-B, Bupati Siak Ajak Mahasiswa Hingga Badan Usaha Bersinergi Bangun Daerah

    Atas kerjasama yang terjalin itu, Bupati Alfedri memberikan apresiasi kepada kedua pihak, terutama kedua Korporasi tersebut telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomi
  • Komentar
    Copyright © 2021 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...
    google.com, pub-1967056301068318, DIRECT, f08c47fec0942fa0 mgid.com, 288776, DIRECT, d4c29acad76ce94f