• Home
  • Nasional
  • Awal Tahun 2019, Aceh Berkali-kali Diguncang Gempa
Kamis, 17 Januari 2019 10:29:00

Awal Tahun 2019, Aceh Berkali-kali Diguncang Gempa

SABANG, Globalriau.com - Gempa bumi bermagnitudo 5,7 baru saja mengguncang Sabang, Aceh. Gempa ini diprediksi tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam situs resminya, Kamis (17/1/2019) kemarin.

BACA JUGA: Enam Kabupaten di Jabar Diguncang Gempa Tektonik

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 09.53 WIB. Gempa berada di 202 km barat laut Sabang. Titik koordinat gempa berada di 7,09 Lintang Utara dan 93,97 Bujur Timur (BT). Gempa berada di kedalaman 165 km.

loading...


Belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa. Belum diketahui juga ada atau tidaknya korban dari gempa tersebut.    

Gempa dikawasan Aceh sejak awal tahun 2019 sudah terjadi berkali-kali. Diantaranya pemutakhiran gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 oleh BMKG di Banda Aceh menjadi magnitudo 4,9. Analisa BMKG, gempa bumi tersebut dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault) di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera.

BACA JUGA: Prediksi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BNPB Minta Warga Tidak Panik

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9," jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1/2019) lalu.

Gempa bumi tektonik ini terjadi pada pukul 18.55 WIB dengan episenter yang terletak pada koordinat 5,42 LU dan 94,51 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Banda Aceh, Propinsi Nangroe Aceh Darussallam.

Gempa diakibatkan aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault)," ujar Rahmat.

BACA JUGA: Waspada!, Gempa 8,7 SR Diprediksi dari Selat Sunda Akan Guncang Jakarta

Rahmat melanjutkan, berdasarkan laporan masyarakat guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kota Banda Aceh dengan kekuatan getaran II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," tuturnya.

Monitoring BMKG juga menunjukkan belum adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Selanjutnya, gempa bumi bermagnitudo 5,1 juga sempat mengguncang Kabupaten Aceh Barat. Gempa ini lagi-lagi diprediksi tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam situs resminya, Rabu (9/1/2019) lalu.

Gempa terjadi sekitar pukul 16.39 WIB. Gempa berada di 104 kilometer barat daya Aceh Barat dengan titik koordinat 3,71 Lintang Utara (LU) dan 95,58 Bujur Timur (BT). Gempa mempunyai kedalaman 10 kilometer.

Belum ada laporan lebih lanjut mengenai gempa tersebut. Dampak dari gempa itu juga belum diketahui.(dtk/red)

Share
loading...
Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Enam Kabupaten di Jabar Diguncang Gempa Tektonik

    Budi mengatakan, daerah di Jabar yang merasakan gempa tersebut di antaranya adalah Kabupaten Sumedang Kabupaten Sukabumi tepatnya di daerah Nyalindung, Kabupaten Bandung terasa nam
  • satu bulan lalu

    NTT dan Mamasa Diguncang Gempa, Diprediksi Tak Berpotensi Tsunami

    Pusat gempa terjadi di Flores atau 66 kilometer arah barat laut Manggarai Barat, NTT pada kedalaman 10 kilometer. Adapun koordinat gempa berlokasi pada titik 8.10 Lintang Selatan d
  • 2 bulan lalu

    Penemuan Ikan Aneh ini Diyakini jadi Penanda Datangnya Tsunami

    Tetapi, bagi masyarakat di Pulau Mindanao, kemunculan ikan-ikan itu dianggap sebagai petanda datangnya gempa bumi. Sebab ikan itu dianggap sangat sensitif terhadap gerakan tektonik
  • 2 bulan lalu

    Prediksi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BNPB Minta Warga Tidak Panik

    Sutopo menambahkan, dalam sejarah terbentuknya Kepulauan Indonesia, gempa dan tsunami pernah terjadi karena bergeraknya lempeng tektonik. " Wilayah Indonesia memang rawan gempa," l
  • loading...
    Komentar
    Copyright © 2019 Global Riau - Berita Riau Hari Ini. All Rights Reserved.
     
    loading...